• Jelajahi

    Copyright © BERITA BARU | Kabar Akurat Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Kelulusan SMA/SMK Bakal Dimumkan Online Pada 2 Mei

    BERITA BARU
    Sabtu, 25 April 2020, 14:17 WIB Last Updated 2020-04-25T07:17:37Z


    BERITA BARU ■ Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud mengeluarkan surat berisi tentang spesifikasi teknis, bentuk dan tata cara pengisian blangko ijazah pendidikan dasar dan menengah tahun pelajaran 2019/2020 bahwa pengumuman kelulusan 2 Mei.
    Dengan adanya surat tersebut maka pengumuman kelulusan untuk jenjang SMA/SMK yang semula dijadwalkan pada 6 Mei 2020 dimajukan menjadi 2 Mei 2020.

    “Begitu mendapatkan surat dari Sekjen Kemendikbud, Disdikpora DIY langsung menindaklanjuti dengan membuat surat edaran ditujukan kepada kepala Balai Dikmen kabupaten/kota dan kepala SMA/SMK/SLB se-DIY. Kami berharap dengan adanya surat edaran ini bisa memudahkan sosialisasi, sehingga sekolah bisa mempersiapkan diri sejak awal,” kata Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Didik Wardaya MPd.

    Diungkapkan, penentuan kelulusan sepenuhnya menjadi kewenangan satuan pendidikan (sekolah). Semua itu ditentukan berdasarkan hasil rapat penentuan kelulusan oleh masing-masing satuan pendidikan.

    Sesuai dengan kesepakatan bersama, karena Ujian Nasional (UN) ditiadakan, kelulusan siswa kelas XII SMA ditentukan berdasarkan pertimbangan nilai rapor semester 1 sampai semester 5..Nilai ujian sekolah dan nilai harian semester 6 serta nilai produktif berupa nilai praktik harian. Adapun untuk formulasinya sesuai dengan prosedur operasional standar masing-masing satuan pendidikan.

    “Mengingat saat ini masih terjadi pandemi Covid-19 dalam menyampaikan hasil kelulusan, tidak boleh mengundang siswa atau orangtua. Sebagai gantinya sekolah melaksanakan penyampaian hasil kelulusan dengan cara online (tanpa tatap muka) atau kontak langsung dengan siswa dan guru di sekolah. Tindakan itu dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan massa,” terang Didik.

    Didik menambahkan, pelaksanaan pengumuman yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19 harus disikapi secara bijaksana. Tentunya dengan tetap memperhatikan imbauan dari pemerintah seperti melakukan physical distancing dan menghindari adanya kerumunan.

    Guna mewujudkan hal itu Disdikpora DIY meminta agar sekolah tidak mengadakan acara seremonial wisuda atau perpisahan siswa di masa pandemi Covid-19. Begitu pula bagi siswa tidak perlu merayakan kelulusan dengan bertemu dengan teman lain, sebaliknya tetap di rumah saja. Dengan cara itu diharapkan mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus.(KR)



    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...

    RELIGI

    +