• Jelajahi

    Copyright © BERITA BARU | Kabar Akurat Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Polisi Padamara Bebaskan Pencuri Ayam yang Ditangkap Warga, Ini Alasannya

    BERITA BARU
    Selasa, 07 Juli 2020, 10:42 WIB Last Updated 2020-07-07T03:42:30Z


     Polisi Padamara Bebaskan Pencuri Ayam yang Ditangkap Warga, Ini Alasannya

    BERITA BARU ■ Polisi Polsek Padamara menyerahkan pelaku tindak pidana pencurian kepada keluarganya, Senin (6/7/2020). Hal itu dilakukan, setelah pencuri ayam yang diamankan warga merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

    Kapolsek Padamara AKP Tri Arjo Irianto mengatakan pihaknya mendapatkan penyerahan seorang pria karena kedapatan mencuri ayam. Pria tersebut diamankan warga di Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara Purbalingga.

    Pria yang diamankan diketahui berinisial HS (50) alias Pono, warga Desa Dawuhan, Kecamatan Padamara. Ia diserahkan warga karena kedapatan mencuri dua ekor ayam milik Nirsam (55) warg Desa Karanggambas.

    “Saat dilakukan pemeriksaan pria tersebut sulit berkomunikasi dan berbicara ngelantur. Akhirnya kita berkoordinasi dengan keluarganya serta perangkat desa,” jelasnya.

    Kapolsek menjelaskan, hasil koordinasi dengan perangkat Desa Gemuruh dan keluarga pelaku, diketahui pria tersebut mengalami gangguan kejiwaan. Hal itu dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Yang bersangkutan pernah dua kali menjalani perawatan di Instalasi Kesehatan Jiwa RSUD Banyumas.

    “Berdasarkan informasi pihak pemerintah desa, pria tersebut memiliki kebiasaan mengambil ayam milik warga. Namun ayam tersebut tidak dijual tapi dilepaskan kembali di tempat lain,” katanya.

    Kapolsek menjelaskan, karena kondisinya mengalami gangguan jiwa maka tidak dilanjutkan proses hukum terhadap pria tersebut. Hal itu sesuai pasal 44 KUHP bahwa orang yang kurang sempurna akalnya atau sakit jiwa tidak dapat dipidanakan.

    “Pria tersebut kemudian kita serahkan kepada pihak keluarga didampingi perangkat desa. Sedangkan dua ekor ayam dikembalikan kepada pemiliknya,” kata kapolsek.

    ■ Imam Santoso/Hms

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...

    RELIGI

    +