• Jelajahi

    Copyright © BERITA BARU | Kabar Akurat Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Singkong Makanan Sehat Sarana Komunikasi Sosial di TMMD

    BERITA BARU
    Jumat, 10 Juli 2020, 10:42 WIB Last Updated 2020-07-10T03:42:25Z


    BERITA BARU ■ Singkong atau ketela adalah salah satu tanaman umbi-umbian sebagai pengganti makanan pokok. Singkong juga biasa diolah menjadi tepung, cemilan, dan lain sebagainya. Singkong mudah ditemui di desa maupun di pasaran dengan harga relatif murah. Meski begitu, singkong memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

    Singkong sendiri cukup populer di berbagai negara tropis seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Terlebih, singkong tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga banyak pula makanan olahan dari singkong, baik direbus, dibakar, maupun digoreng.

    Namun, singkong lebih baik dimasak dengan direbus. Singkong rebus akan memberikan khasiat lebih maksimal ketimbang digoreng atau dibakar.

    Singkong mengandung 76 gram karbohidrat dan 320 kalori dalam 200 gramnya. Kandungan tersebut merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh dan meningkatkan stamina. Karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi untuk sel tubuh manusia.

    Selain itu, singkong memiliki vitamin B tinggi yang bertugas meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Singkong juga memiliki senyawa asam amino esensial dan serat yang baik bagi kesehatan.

    Sadar akan banyak manfaat yang terkandung di dalam singkong memberikan ide kepada Serda Komari anggota Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 Kodim 0702/Purbalingga untuk mengajak Eko (40) warga Desa Patemon tempat dilaksanakannya program TMMD merebus singkong sebagai cemilan sehat di waktu istirahat siang saat menggarap jalan penghubung Desa Patemon dengan Desa Karangturi (9/7/2020).

    " Dari pada makan makanan yang tidak sehat sepertinya merebus singkong sebagai cemilan akan terasa nikmat," ungkapnya.

    Gayung bersambut, Eko dengan penuh ragu membalasnya.

    " Apa Pak Komari mau makan singkong rebus?," tanyanya.

    "Kalau mau dan katanya lebih sehat berarti sebaiknya kita cabut singkong sama-sama dan kita rebus nanti, kebetulan dikebun juga menanam singkong," ungkapnya.

    Akhirnya singkong rebus sebagai makanan sehat menjadi hidangan penghibur sekaligus sebagai sarana komunikasi sosial dengan masyarakat menambah keakraban TNI dan Masyarakat dalam TMMD.

     ■ Imam Santoso/HMS

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...

    RELIGI

    +