• Jelajahi

    Copyright © BERITA BARU | Kabar Akurat Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Webinar STKIP PGRI Ponorogo; Kenalkan Prinsip Orang Tua Cerdas Di Era Kenormalan Baru

    BERITA BARU
    Selasa, 14 Juli 2020, 10:30 WIB Last Updated 2020-07-14T03:30:08Z

      Webinar STKIP PGRI Ponorogo; Kenalkan Prinsip Orang Tua Cerdas Di Era Kenormalan Baru

    BERITA BARU ■ Salah satu bentuk Tridarma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk webinar parenting. Dengan mengusung tema “Menjadi Orangtua Cerdas di Era Kenormalan Baru”,  pada Sabtu, 11 Juli 2020. 

    Pengabdian masyarakat sebagai wujud nyata dalam memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat. Berupa ilmu yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
    Parenting itu memiliki tujuan agar masyarakat khususnya orang tua memiliki peningkatan pemahaman tentang model pola asuh yang tepat di era kenormalan baru. Melalui kegiatan parenting ini diharapkan orang tua dapat menemukan cara terbaik dalam mengasuh anak menuju keberhasilan masa depannya.

    Seminar ini dilatarbelakangi oleh kondisi di masa Pandemik Covid-19. Wabah virus ini memang penularannya sangat cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Sudah banyak orang di seluruh dunia yang terpapar, bahkan menjadi korban kemudian meninggal dunia. Wabah covid-19 telah menelan banyak korban seperti tercatat di negara Tiongkok, Italia, Spanyol dan negara besar lain di dunia. 

    Pandemik covid-19 mengubah hampir seluruh tatanan kehidupan. Terjadinya pergeseran paradigma ini membutuhkan daya adaptasi yang kuat. Kita harus mampu beradaptasi dengan tatanan hidup baru. Pandemik virus corona menyebabkan tiga perubahan mendasar di dalam pendidikan global.

    Pertama, mengubah cara jutaan orang dididik. Pemberlakuan bekerja dari rumah (work from home) dan belajar dari rumah (learning from home) ini mengubah tatanan yang telah terbentuk dengan pembelajaran tatap muka.

    Kedua, solusi baru untuk pendidikan yang dapat membawa inovasi yang sangat dibutuhkan. Pemberlakuan pembelajaran di rumah membuat semua komponen bergerak untuk sadar teknologi.

    Ketiga, adanya kesenjangan digital menyebabkan pergeseran baru dalam pendekatan pendidikan dan dapat memperluas kesenjangan. Mengedepankan prosedur aktivitas dengan media yang terdapat di rumah. Hal ini menuntut orang tua mampu mendampingi anak di era Kenormalan Baru.

    Melihat realita itulah tim pengabdian masyarakat di bawah koordinasi dan monitoring dari LPPM STKIP PGRI Ponorogo mengadakan seminar online. Adapun peserta pengabdian masyarakat tidak hanya berasal dari Ponorogo dan sekitarnya. Seperti Magetan, Jombang, Kediri, Gresik, Malang tetapi juga dari berbagai wilayah di Indonesia seperti OKU Sumatera Selatan, Nias Sumatera Utara, Kota Pinang Sumatera Utara, Palembang Sumatera Selatan, Palangkaraya Kalimantan Tengah.

    Pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 09.00 yang dipandu Lusy Novitasari, M.Pd. Dilanjutkan penyampaian materi tentang bagaimana menjadi orangtua cerdas di era kenormalan baru oleh Dr. Ririen Wardiani, M.Pd.

    Menurutnya, terdapat 7 prinsip menjadi orang tua cerdas era kenormalan baru. Cinta, keteladanan, quality time, aturan, positif, berdayakan, dan terimalah.

    Sedangkan, materi tentang cara mendampingi anak dari rumah disampaikan oleh Rifa Suci Wulandari, M.Pd. Pihaknya memberikan pandangan bahwa rumah sebagai sumber utama dalam belajar. Peran orang tua menjadi amat penting terlebih di masa pandemik, ujarnya.

    Sekitar 100 peserta dari penjuru wilayah di Indonesia begitu antusias. Tampak dari sejumlah pertanyaan yang diajukan. Sesekali Cutiana Windri Astuti, M.Pd sebagai moderator harus menunda dan menunggu peserta lain mengajukan pertanyaan.

    Interaksi peserta dengan peserta dan narasumber begitu hidup dan cair hingga waktu menunjukkan pukul 11.00.

    Kegiatan webinar ditutup oleh Lusy Novitasari, M.Pd dan secara bersama-sama sepakat untuk menerapkan dan mempraktikkan ilmu dari para narasumber. Ilmu menjadi orang tua yang cerdas menyongsong era kenormalan baru.

    Penulis: Tim Pengabdian Masyarakat dan Humas
    STKIP PGRI Ponorogo


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    loading...
    loading...

    RELIGI

    +