-->
  • Explore

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Berita Baru Portal Berita Nasional

    Iklan

    Menu Bawah

    Tingkatkan Produksi Bawang Merah, Brebes Gelar Program Padat Karya

    BeritaBaru.id
    25 Juni 2021, 07.33 WIB Last Updated 2021-06-25T00:34:59Z

    BERITA BARU ■ Selain Telor asin, komoditi bawang merah menjadi salah satu icon brebes,  produksi komoditi hampir merata di wilayah persawahan di Kabupaten Brebes.

    Dengan kondisi alam yang mendukung terutama saat musim angin kumbang, petani di Brebes juga hampir mengetahui cara bercocok tanam bawang merah, sehingga tidak dipungkiri komoditi bawang merah Brebes sangat di kenal karena memiliki aroma yang khas.

    Namun sayangnya biaya produksi bawang merah tidak sedikit, dari pembibitan, pupuk dan obat obatan serta daya saing penjualanya, petani bawang merah Brebes merasa prihatin.

    Guna tingkatkan gairah petani bawang merah brebes kembali menggeliat, Pemerintah Kabupaten Brebes melalui DINPERMADES ( Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ) menggelontorkan dana ratusan juta guna mendukung Pogram Padat karya Tunai Desa (PKTD) 2021.

    PKTD yang percontohkan di Desa Kedungbokor, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes menyasar sebidang tanah seluas sekitar 10.000m/segi dengan menyiapkan dana Rp. 143. 430. 000 ( Seratus empat puluh tiga ribu empat ratus tiga puluh rupiah).

    Subagya S.H Msi Kepala Dinpermades Kabupaten Brebes saat memberikan keterangan menjelaskan, "Penanaman perdana bawang merah ini Apresiasi kepada program PKTD tahun 2021 dengan skala prioritas agar dapat memulihkan Ekonomi, harapannya adanya program padat karya ini bisa di tiru oleh Desa Desa lain dan akhirnya dapat kembali meningakatkan gairah petani bawang merah," ujarnya.

    Sementara Kepala Desa Kedungbokor menambahkan, "saat  ini untuk membangkitkan petani kususnya di Desa kedungbokor, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes yang di percaya sebagai desa percontohan tanam bawang merah, nanti hasil panennya akan di tampung oleh BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa) sehingga sekaligus dapat memperdayakan Bumdes," bebernya, pada Jum'at (25/6).


    Ia menambahkan, atas nama masyarakat dan pemerintah Desa Kedongbokor menyampaikan terimakasih sekaligus juga amanah telah diberi kepercayaan sebagai desa percontohan PKTD.

    Camat Larangan Sugiyanto, yang turut hadir,  memberikan saran serta Apresiasi yang sangat luar biasa. Dirinya berharap Kades kedungbokor dapat mengemban amanah dan bisa menjadi percontohan yang baik.

    ■ Makroni
    Your comment

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    BERITA TERBARU