-->
  • Explore

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Berita Baru Portal Berita Nasional

    Iklan

    Menu Bawah

    Puluhan Wartawan dan Aktivis LSM Laporkan Pemilik akun FB Yuli Pratama Ke Polisi

    BeritaBaru.id
    01 Juni 2021, 19.53 WIB Last Updated 2021-06-01T12:53:24Z

    BERITA BARU ■ Diduga melecehkan profesi Wartawan dan LSM, pemilik akun FB Yuli Pratama akhirnya dilaporkan ke Polisi oleh puluhan jurnalis dan aktivis LSM ke Polres Batang.

    Sedikitnya ada 60 jurnalis dari media online dan cetak, serta LSM  seperti Ormas Libas, Komando Gagak Hitam Perkasa, LIRA, dan LP-KPK turut mendukung upaya pelaporan tersebut.

    Sebelumnya, Pengurus Cabang Jurnalis Nasional Indonesia (JNI) Eks.Karesidenan Pekalongan juga mendatangi Polres Batang guna melaporkan dugaan penghinaan terhadap profesi Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pada Kamis 27/5/2021.

    Ketua Cabang JNI Eks. Karesidenan JNI Pekalongan Aris Apriadi didampingi Sekretaris Umum Fajar Nur Swasono dan Bendahara Bambang Wijanarko mendatangi Mapolres Batang dengan membawa alat bukti berupa print out postingan status WhatsApp yang diunggah oleh akun Yuli Pratama tersebut.

    Menurut Aris Apriadi, pihaknya telah melaporkan secara resmi pemilik akun Yuli Pratama ke pihak Kepolisian dengan Nomer: STPP /102/V/2021/Res Batang, karena tulisan yang diunggah pada jejaring sosial (Story Whatsaap).

    Tak sampai disini, rupanya puluhan wartawan dan LSM yang geram atas tudingan miring pemilik akun Yuli Pratama mendadak mengadakan pertemuan, guna membahas langkah hukum atas perkara ini.

    Ada kurang lebih 40 orang menghelat pertemuan di RM "Cepot " Kali Pucang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, pada Senin 31/5/2021 kemarin.

    Ketua Pewarta Korwil Jateng (PKJ) Suroto Anto Saputro mengatakan, langkah hukum dilakukan guna memberi efek jera bagi siapa pun yang telah melecehkan profesi jurnalis.

    "Siapapun yang mencoba melecehkan atau melakukan pencemaran nama baik terhadap profesi Wartawan dan LSM harus diproses sesuai undang undang yang berlaku, apa yang dilakukan oleh pemilik akun Facebook Yuli Pratama bisa menjadi Racun Publik," tegasnya. 

    Ia berharap dengan adanya pelaporan dari rekan rekan Wartawan dan LSM bisa menjadikan efek jera,  supaya tidak muncul Yuli Pratama yang lain. 

    "Kami dari  Pewarta Korwil Jateng (PKJ) siap mendukung langkah rekan rekan wartawan dan LSM atas laporannya terkait dugaan pelanggaran Undang-undang ITE, " ucap Ketua PKJ. 

    Sementara itu, S. Sugino, SE menyampaikan apresiasinya kepada rekan - rekan media baik cetak atau online dan rekan-rekan yang turut  hadir pada pertemuan  di rumah makan "cepot" , dari berbagai daerah seperti Semarang, Kendal, Weleri, Batang, Pemalang dan Brebes.

    S. Sugino  menjelaskan, dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk melaporkan pemilik akun FB Yuli Pratama ke Polres Batang atas dugaan pelanggaran UU ITE dan UU pers No. 40 tahun 1999.

     ■ Himawan
    Your comment

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    BERITA TERBARU