-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dukung Keterbukaan, Ini Yang Dilakukan Pemkab Brebes Melalui OGP

    BeritaBaru.id
    28 Juli 2021, 22.16 WIB Last Updated 2021-07-28T15:16:16Z

    BERITA BARU ■ Kabupaten Brebes yang menjadi salah satu anggota Open Government Patnership (OGP) Lokal, berkomitmen menjalin keterbukaan informasi.

    Pada Rabu, (28/7) dua dokumen didaftarkan langsung oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti secara online.

    Dua Dokumen yang didaftarkan Idza Priyanti tersebut adalah kegiatan Sambang Bansos dan Gerakan Kembali Ke sekolah (GKB).

    Pemkab Brebes berharap dengan di daftarkanya dua dokumen tersebut agar mendorong transparansi dan keterbukaan,  serta partisipasi masyarakat baik dari Aktivis, Akademisi, Organisasi, kalangan swasta dalam membangun Kabupaten Brebes lebih baik.

    Seperti di ketahui, Kabupaten Brebes adalah salah satu anggota  Open Government Partnership (OGP), sebuah organisasi yang mempertemukan pemerintah dan organisasi masyarakat sipil untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih transparan, inklusif, dan partisipatif. 

    Sebagai anggota baru OGP, mereka akan bekerja sama dengan organisasi masyarakat sipil setempat dan anggota OGP lainnya untuk memajukan agenda open government di tingkat lokal.

    Ditingkat global  OGP sendiri merupakan Gerakan yang  diinisiasi oleh Indonesia dan 7 negara lain yang tergabung sebagai perintis OGP.

    Keanggotaan Indonesia dalam OGP merupakan ikhtiar untuk mewujudkan tiga pilar dalam pelaksanaan sistem pemerintah negara demokrasi, yakni transparansi, partisipasi publik, dan akuntabilitas.
     
    Penetapan Indonesia sebagai bagian dari OGP itu tertuang dalam Keppres 13/2014 yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 26 Maret 2014, ( Seperti dikutip dari infid.org / bapenas.go.id).

    ■ Roni
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini