-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan DIANPINSAT Daring Kwarcab Brebes Tahun 2021

    BeritaBaru.id
    24 Agustus 2021, 16.51 WIB Last Updated 2021-08-24T09:51:36Z

    BERITA BARU ■ Dengan tema Berdaya - Berkarya - Bermakna ”. Tahun ini kegiatan Dianpinsat selenggarakan secara virtual (Via Zoom) yang dibuka oleh Kak Nursidik selaku Kapusdikalatcab Brebes mewakili Ketua Kwarcab Brebes. 

    Tujuan dari kegiatan ini untuk membentuk jiwa kepemimpinan, meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, Bangsa dan Negara serta meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan YME. Meningkatkan kader Pramuka ditingkat satuan, mengembangkan materi kepramukaan, meningkatkan ketrampilan dan kemampuan Pramuka penegak- Pramuka pandega. Dalam kegiatan ini, mengikutsertakan para Pramuka penegak dan Pramuka pandega diseluruh wilayah Kabupaten Brebes.

    DIANPINSAT, adalah Pendidikan dan pelatihan bagi pramuka penegak dan pandega untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola Ambalan Gugus Depannya.

    Kegiatan pertama Dianpinsat pada hari jumat, 20 Agustus 2021 berjalan dengan lancar dengan susunan kegiatan pertama upacara pembukaan yang diikuti oleh Ratusan peserta pramuka penegak dan pramuka pandega di wilayah Kabupaten Brebes.

    Peserta mempelajari diantaranya materi PDK-MK, AD ART Gerakan pramuka, cakap dalam mempimpin, dan diakhiri evalusi serta pembekalan kegiatan hari berikutnya.

    Kegiatan kedua  pada  hari sabtu, 21 Agustus 2021 sebelum memulai materi, materi pertama dibuka dengan diawali senam gerakan tangan untuk menambah rasa semangat kita. Masuk pada acara inti pemateri kak Hafidz menyampaikan materi Pola dan Mekanisme Pembinaan Prtamuka Penegak dan Pramuka Pandega dan dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab materi

    Ada yang tak kalah menarik disampaikan oleh Kak Tri yang menyampaikan materi tentang Sistem Administrasi Satuan, dan materi ini diakhiri dengan belajar sambil melakukan diantaranya mengoreksi  surat yang ditujukan pemateri kepada para peserta. Kemudian dilanjutkan dengan materi Rencana Kerja.

    Materi selanjutnya membahas tentang Kesakaan yang disampaikan oleh Kak Destian dan ateri yang terakhir yaitu tentang Cakap dalam pencapaian SKU/TKU,SKK/TKK,SPG/TPG yang disampaikan oleh Kak Ning.

    Kegiatan ketiga pada hari minggu, 22 Agustus 2021 seperti hari sebelumnya peserta memasuki room zoom pada pukul 08.00 kemudian ketua kelas menyiapkan peserta lainnya dan laporan kepada kakak pemateri. Setelah itu dilanjutkan pada sesi materi yaitu beragam Upacara penegak pandega. 

    Kemudian setelah itu ada penyajian materi terakhir sebagai penutup dari semua materi yang mana Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega harus Cakap Digital. 

    "Temen-temen Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega kita itu garda terdepan khususnya dalam cakap digital, karena kita bukan siaga dan bukan juga penggalang, kita Pramuka Penegak Pandega yang seharus secara pemahaman dunia digital harus lebih dari adik-adik kita, ayooo bangun jaringan, publikasikan kegiatan biar masyarakat paham bahwa Gerakan Pramuka itu Keren, mantap deh intinya " Ujuar kak Akhmad Mukhrozi selaku Ketua Dewan Kerja Cabang Brebes yang kebetulan mengisi materi Cakap Digital.  
    Setelah memahami materi dari awal hingga akhir peserta di ajak untuk agart ada tindak lanjut apa yang disampaikan oleh pamateri di laksanakan di gudepnya masing-masing oleh karena itu sangga kerja memberikan penugasan/RTL(Rencana Tindak Lanjut) serta setelah itu kegiatan akhiri dengan agenda Upacara Penutupan. (Roni/Ibnu)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini