-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pamsimas Desa Srengseng Berikan Manfaat Bagi Warga Sekitar

    BeritaBaru.id
    05 September 2021, 22.52 WIB Last Updated 2021-09-05T15:52:23Z

    BERITA BARU ■ Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau biasa disebut PAMSIMAS adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

    Salah Desa yang telah merasakan manfaatnya adalah Desa Srengseng, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Sejak pemerintah meluncurkan program Pamsimas pertama kali tahun 2008, Desa Srengseng berkesempatan mendapatkan program pamsimas pada tahun 2015 lalu, hingga saat ini berjalan program pamsimas di Desa Srengseng telah memberikan kebutuhan vital akan air bersih bagi warga.

    Ketua Badan Pengelola Pamsimas Desa Srengseng, Nursid (57) kepada beritabaru.id menjelaskan, sejak direalisasikan program pamsimas, kemanfaatan yang dirasakan sangat banyak, bukan saja warga bisa menikmati air bersih, tetapi dari hasil yang didapat juga dikembalikan kemasyarakat melalui bantuan social.

    “ Dari jumlah 278 pelanggan yang menjadi konsumen air bersih pamsimas, perbulan kami bisa mengumpulkan sekitar 56 juta, dari hasil itu kami kembalikan lagi pemanfaatnya untuk masrakat dengan melalui bantuan bantuan social tentunya setelah kami sisihkan dulu biaya operasional, gaji karyawan dan biaya pemeliharaan," terang  Nursid. 

    Lagi kata Nursid, ”Banyak yang telah kami bantu melalui dana hasil Program Pamsimas, beberapa seperti bantuan kegiatan keagamaan, kegiatan santunan dan kegiatan lain yang sifatnya untuk masyarakat”.

    Kedepan, lanjut Nursid, tetap kami berkomitmen memberikan bantuan bantuan lain kepada masyarakat setelah biaya produksi dan pemeliharaan sarana dan prasarana Program Pamsimas kami utamakan.

    “Dalam waktu dekat juga kami akan membuat pagar keliling dilokasi Pamsimas serta pemeliharaan pemeliharaan lainya,” Tegasnya.

    Untuk airnya sendiri menurut Nursid sudah melalui uji laboratorium dari dinas terkait, sehingga telah memenuhi standar kebersihan dan kelayakan konsumsi.

    Sementara Ibu Tianah salah satu pelanggan air bersih Pamsimas mengaku sangat senang mendapatkan kemudahan air bersih didesanya. 

    “Kami sangat terbantu adanya pamsimas di desa kami, sebelumnya kami harus bersusah payah mendapatkan air bersih, terutama untuk konsumsi, saat ini dengan adanya program pamsimas kami di untungkan,” Ujar Tianah.

    Bahkan Tianah mengaku seringkali tidak harus dimasak dulu air dari pamsimas, menurutnya tanpa di masak air dari pamsimas didesanya sudah terasa sejuk.

    ■ RONI
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini