-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Patut Dicontoh, Polisi Ini Manfaatkan Lahan Produktif Budidaya Jambu Kristal

    BeritaBaru.id
    05 September 2021, 19.48 WIB Last Updated 2021-09-05T12:48:18Z

    BERITA BARU ■ Disela sela kesibukannya menjadi anggota Kepolisian Pak Mul, sapaan akrab Aiptu Mulyanto, SH anggota Polres Tegal meluangkan waktunya mencangkul dan menyirami kebun jambu kristal di kebun seluas 3 hektar di Desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal yang saat ini bernaung dalam Bumdes Wringin Sejahtera.

    Kebun yang dikelola bersama warga sudah dijalankan sejak 2019 lalu, menurut keterangan Pak Mul, awal mula dirinya mempunyai ide untuk memanfaatkan tanah bengkok desa yang sebelumnya disewakan ke orang itu untuk dimanfaatkan warga Dukuhringin mengingat kebijakan Presiden Jokowi agar desa mampu memanfaatkan dan mengelola sumber daya yang ada untuk kemajuan ekonomi desa itu sendiri.

    "Kemudian ide membudidayakan tanaman buah jenis pepaya california mulai dijalankan, dulunya saya sempat bingung bagaimana caranya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan memanfaatkan lahan menjadi produktif, kemudian saya bersama warga dan seijin Kepala Desa mendirikan Bumdes dengan fokus kerja dibidang perkebunan," ungkap Pak Mul, pada Minggu (5/9//2021).

    Setelah menanam pepaya, kebetulan Kanit Sat Intelkam yang membidangi ekonomi ini mencoba beralih ke tanamah jambu kristal, alhasil produk ini menjadi komoditas perkebunan yang diterima baik oleh masyarakat.

    Setelah masa penanaman yang hanya 6 bulan, alhamdulillah hasilnya baik dan hingga saat ini kita sampai kuwalahan terkait order dari pengunjung baik yang datang ke agro wisata wringin sejahtera ini, maupun yang pesan melalui media sosial," terang Pak Mul.

    Dalam sehari kebun yang dikelolanya mampu menghasilkan hingga 1 kwintal jambu dengan rasa yang manis dan bentuk tanpa biji, dari hasil panen pada tahun pertama kami sudah bisa membantu kas desa sebanyak 45 juta rupiah.


    "Harapan saya ditahun ini dan selanjutnya target kami bisa lebih tinggi sehingga harapan pemerintah terkait kemandirian pembangunan desa bisa terwujud," jelasnya.

    Terpisah, Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa'at mengapresiasi langkah anggotanya dalam membantu masyarakat, dikatakannya apapun yang dilakukannya selama itu bermanfaat untuk kepentingan masyarakat Polri pasti mendukung, jelas Kapolres Tegal.

    "Salah satu tugas pokok Polri yang kita laksanakan adalah memberikan pengayoman kepada masyarakat, artinya kita harus turun ke masyarakat berikan edukasi dan imbauan serta ajarkan kemandirian kepada masyarakat, terutama dimasa pandemi ini," imbuhnya.

    Alhamdulillah, dengan kinerja yang baik di internal kepolisian dan peran aktif dimasyarakat mampu menimbulkan kepercayaan kepada kepolisian saat ini.

    "Terbukti dari hasil kebun Pak Mul dapat membantu saudara kita yang berjualan rujak, teman-teman yang harus putus kerja dan tumbuh semangatnya dengan berjualan jambu secara online yang beli dari pak mul dan dijual kembali, hasilnya masyarakat bertambah simpati dengan kita,"  tambahnya.

    "Harapan saya kegiatan ini memberi manfaat, dan tentunya berdampak positif untuk pemulihan ekonomi nasional," tutup Kapolres Tegal.

    Diketahui bahwa agro wringi sejahtera saat ini telah membudayakan beberapa tanaman buah selain jambu kristal yaitu kurma tropis, klengkeng, dan lain sebagainya. 

    ■ Roni

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini