-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tanam Pohon Kebaikan

    BeritaBaru.id
    09 November 2021, 00.46 WIB Last Updated 2021-11-08T17:46:24Z

    Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka, Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menhijau itu butir yang banyak. Dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pula) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.'' (QS Al An'am: 99).

    Menanam pohon itu berpahala. Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat.” (HR. Muslim). Manusia tidak bisa terlepas dari tanaman dan pepohonan. Apalagi pohon juga menghasilkan oksigen. 

    Islam merupakan salah satu agama yang cinta dan peduli terhadap alam ini salah satunya ialah anjuran Rasulullah dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya hingga hari kiamat.

    Dari Jabir bin Abdullah Rodhiyallohu ‘Anhudia bercerita bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda 

    “Tidaklah seorang muslim menanam suatu pohon melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)

    Manfaat dunia diantaranya :

    Mencegah banjir
    Banyaknya pohon yang kita tanam dapat mencegah banjir yang diakibatkan penebangan hutan, pembuangan sampah ke sungai maupun kurangnya resapan di kota.

    Mengurangi Polusi
    Polusi udara sering kita jumpai hampir tiap hari di sekitar lingkungan kita yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor, gas buang pabrik dll. Oleh karena itu adanya penanaman pohon akan membantu mengurangi adanya polusi udara.

    Menghindari efek rumah kaca
    Gas rumah kaca telah banyak memenuhi bumi hingga mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi ekstrim dikarenakan cahaya matahari yang dipancarkan ke Bumi tidak dapat kembali lagi melainkan terperangkap di Bumi. Dengan adanya penghijauan maka pohon-pohon dapat menyerap oksigen sehingga dapat meminimalisir efek rumah kaca.

    Pemandangan Indah
    Dengan adanya penghijauan tentu akan membuat tempat yang kita huni menjadi lebih indah dan segar udaranya karena banyaknya tumbuhan-tumbuhan di sekitar kita.

    Sedangkan Manfaat akhiratnya yaitu berupa pahala atau ganjaran. Bahwasannya tanaman yang kita tanam apabila dimakan oleh manusia, binatang baik berupa burung ataupun yang lainnya meskipun satu biji saja, sesungguhnya itu adalah merupakan sedekah bagi penanamnya.

    Demikian besarnya perhatian agama Islam terhadap penanaman pohon dan penghijauan dunia. Disisi lain juga melarang untuk menebang atau merusak kerusakan di bumi. Sebagai khalifah di bumi, kita dituntut untuk menjaga lingkungan, sebagaimana firman Allah SWT:

    Artinya: ” Dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”. Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan” (Q.S. Al Baqarah :11)

    Namun sayang, semakin berkembangnya zaman semakin banyak manusia yang merusak lingkungan. Berbagai kehancuran dan kerusakan terjadi dimana-mana hingga menimbulkan banyak bencana. Sesuai firman Allah dalam Al Quran:

    Artinya: ” Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (Q.S. Ar Rum:41)

    Oleh karena itu manusia sebagai pemimpin di bumi hendaknya selalu menjaga Bumi ini dengan sebaik-baiknya dan dilarang merusak lingkungan karena pada dasarnya Bumi yang kita tinggali ini adalah titipan dari Allah SWT. Begitulah perhatian Islam terhadap lingkungan salah satunya dengan menanam pohon.

    Azmi A Majid
    Pegiat Lingkungan Hidup & Sosial Kemasyarakatan
    -dari berbagai sumber-

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU