-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Wisata Bendungan Malahayu Akan Ada Penataan, Ini Rencananya

    BeritaBaru.id
    19 November 2021, 10.21 WIB Last Updated 2021-11-19T03:21:15Z

    BERITA BARU ■ Bendungan Malahayu adalah sebuah waduk yang terletak di kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dekat perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat.

    Waduk yang  menggenangi wilayah Desa Malahayu sekaligus sebagai lokasi wisata di Kabupaten Brebes tersebut, melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung  sedang melakukan perbaikan dan penataan kawasan Tahun Anggaran (TA) 2021.

    Kepala Bidang Irigasi Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Kabupaten Brebes Anna Dwi Rahayuning Rizky mengatakan, "Penataan tersebut merupakan program dari satuan kerja operasi dan pemeliharaan BBWS Cimancis, Tujuan penataan Waduk Malahayu ini untuk pemeliharaan bendungan melalui relokasi pedagang yang berada di area terbatas ke lahan yang direncanakan," ujarnya, seperti dikutip radartegal .com

    "Lahan rencana relokasi ini merupakan aset dari Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah. Jadi lahannya sudah ada di Waduk Malahayu dan telah disurvei serta telah dilakukan desain oleh konsultan yang nantinya akan dilaporkan ke Bank Dunia," tuturnya.

    Sementara Pelaksana lapangan PT Sumber Karsa Indah Utama, Eka Saat di temui, pada Kamis (18/11) menjelaskan, perbaikan dan penataan kawasan waduk malahayu di kerjakan oleh PT. Sumber Karsa Indah Utama sabagai pemenang tender.

    Pengerjaan dimulai sejak bulan Juli 2021 dengan waktu pelaksanaan 420 hari kalender.

    Proyek yang di biayai dari sumber dana Bank Dunia tersebut bernilai kontrak sekitar Rp. 33 milyar lebih.


    Rencana perbaikan pada beberapa titik, salah satunya pintu air yang semula pengoperasianya sistem manual, rencana dirubah dengan sistem hidrolik serta pembangunan dermaga.

    Sementara untuk penataan kawasan adalah pembangunan kios  pedagang, tempat parkir dan beberapa titik lagi.

    Dijelaskan untuk penataan kawasan pembangunan kios dirubah yang semula rencana di bangun dilahan perhutani, sesuai dengan hasil rapat kordinasi pihak terkait di alihkan di lahan aset Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah

    "Pengerjaan utamanya adalah remidial sekaligus sebagai tambahan adalah penataan kawasan lingkungan bendungan" ujar Eka (Roni)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU