-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA TERKINI, BERITA HARI INI INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tingkatkan Ekonomi, YSBB Suguhkan Sorgum Sebagai Solusi Pakan Ternak Kaya Protein

    BeritaBaru.id
    04 Desember 2021, 07.52 WIB Last Updated 2021-12-04T00:52:35Z
     

    BERITA BARU ■  Sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian ditengah masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Brebes, Yayasan Sepakat Brebes Bermartabat (YSBB) kembali gelorakan ekonomi melalui program tanam Shorgum.

    Program tanam Sorgum yang yang telah kedua kalinya, sementara saat melakukan panen, secara simbolis dilakukan penebangan bersama dengan Kepala Forkopimda Kabupaten Brebes, pada Jum'at (3/12/2021). 

    Sorgum yang di kelola YBB  di Kabupaten Brebes Jawa Tengah menjadi penggerak peningkatan perekonomian yang mulai terus merangkak naik.

    Inovasi tentang sorgum yang telah di gagas beberapa waktu lalu merupakan bukti nyata kepedulian YSBB dalam membantu pemerintah meningkatkatan perokonomian rakyat.

    Apalagi daratan kabupaten Brebes yang masih memiliki lahan kering, serta kebutuhan pakan ternak dari sorgum yang baru tersedia sekitar kurang dari 10 persen, menjadikan sorgum merupakan solusi. 

    Dalam acara panen sorgum tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta pejabat Brebes lainya.

    Secara simbolis acara panen sorgum dilakukan penebangan batang sorgum bersama  yang dilanjutkan dengan menghancurkan batang, daun dan buahnya ke mesin penghancur untuk di jadikan pakan ternak.

    Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes, Ir. Yulia Hendarwati M.Si  dalam keteranganya mengatakan, mendukung program YSBB dimana bisa menjadi penggagas tanam sorgum. 

    Tanaman sorgum, kata Yulia, selain memiliki banyak protein juga bisa ditanam dilahan marginal, sehingga nanti, dan kedepannya kita akan berupaya lagi untuk mendorong penanaman sorgum lebih luas.


    "Kita kenal jika sorgum merupakan tanaman kaya manfaat, mulai dari akar, batang daun dan buahnya bisa dimanfaatkan, selain itu upaya produksi penanamanya pun ekonomis, dimana sekali tanam dan usai dipanen batang akan tumbuh kembali, dan ini bisa menjadi solusi pakan ternak pengganti rumput," ujarnya.

    Yulia mengharapkan peluang budi daya tanam sorgum bisa juga diminati para petani Brebes, dimana untuk pemasaranya juga masih terbuka lebar.

    Sementara penggagas Sorgum pertama di Brebes Azmi Majid sekaligus ketua Yayasan Sepakat Brebes Bermartabat (YSBB) menuturkan, " Ini adalah langkah kecil kita dimana bersama pemerintah berupaya menaikan ekonomi ditengah situasi pandemi,"

    Menurutnya, Sorgum dengan kandungan protein yang lebih baik, proses tanam yang mudah dan masa tanam yang singkat sangat bisa menjadi solusi  sebagai bahan pakan ternak, terutama ternak sapi maupun domba. 

    "YSBB mencoba membudidayakan tanaman sorgum, selain itu peluang pangsa pasarnya masih terbuka lebar, untuk saat ini sendiri kami baru mampu memenuhi kebutuhan sekitar 40 ton dari 260 ton kebutuhan perhari untuk pakan ternak PT. Widodo Makmur, dengan luasan lahan 40 Hektar tersebar di Kecamatan Banjarharo, Songgom dan Jatibarang," jelasnya.

    Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Brebes akan menyediakan lahan seluas 200 ha di Maribaya Bumiayu.

    Panen ke dua ini, lanjutAzmi, sudah pakai Chopper pencacah batang sorgum sederhana sehingga nilai ekonomisnya bertambah, apalagi jika dengan tambahan peralatan teknologi sehingga menjadi makanan ternak komplit.

    "Kami berharap dengan kegiatan menanam sorgum dan pembuatan pakan ternak semoga bisa membantu program Pemkab Brebes dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga terdampak pada penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Brebes," beber Azmi

    "Kami juga berharap Pemkab Brebes beserta stakeholder lainnya bisa membantu kebutuhan Peralatan dan penyediaan lahan kurang produktif untuk bisa dimanfaatkan," tutupnya. (Roni)
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU