-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | KABAR TERKINI NUSANTARA
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Menu Bawah

    Gubernur Sulawesi Tengah Dorong Sektor Koperasi dan UMKM Tidak Kalah Bersaing

    Redaksi
    Kamis, 24 Maret 2022, 3:57 PM WIB Last Updated 2022-03-24T08:57:46Z

    BERITABARU.id, TOLI-TOLI | Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Rapat Koordinasi Pemberdayaan, Pengembangan Koperasi dan UMKM se Sulawesi Tengah tahun 2022 dibuka secara resmi Gubernur Sulawesi Tengah, yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan  Drs. Datu Pamusu,M.SI, pada Kamis (24/3). 

    Acara yang digelar di Gedung Labong Boki Tolitoli tersebut dihadiri Oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S. Sos, Kabid Analisis dan Pengkajian Usaha Deputi Kewirausahaan Kementrian Koperasi dan UMKM Teguh Fahrul, dan pelaku UMKM Kabupaten/kota se Sulawesi Tengah.

    Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya, menyampaikan terimakasih kepada panitia pelaksana atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Tolitoli selaku tuan rumah. 

    "Penyelenggaraan Rakor ini sebagai salah satu langkah dalam pembangunan yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,"katanya. 

    Bupati Tolitoli mengatakan, ada 3 poin penting yang perlu diingatkan selaku pemerintah daerah terkait dengan pemberdayaan usaha.

    Pertama, menyangkut fasilitas pelaksanaan pembinaan manajemen usaha kepada pengusaha kecil dan menengah terkait pemberdayaan penanaman modal, Fasilitas pelaksanaan kemitraan usaha kecil dan menengah dengan perusahaan penanaman modal dalam negeri atau PMDN dan kalau bisa sampai dengan P.M.A atau Penanaman Modal Asing, Fasilitas peningkatan kapasitas usaha kecil dan menengah terkait penanaman modal. 


    Dan ketiga, kata Bupati, fasilitas tersebut tetap terus kita Intensifkan dan kita lakukan pemantauan secara konsisten di lapangan karena dampaknya bisa dilihat dari progres keberhasilan pemberdayaan usaha daerah khususnya UMKM.

    Sementara itu, dalam sambutan tertulis Gubernur Sulteng, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan  Drs. Datu Pamusu mengatakan, rapat koordinasi perencanaan koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022 sebagai langkah awal dalam penyusunan rencana kerja Perangkat Daerah tahun 2023.

    Oleh sebab itu, kata dia, harus benar-benar dipergunakan untuk merumuskan kebijakan program kegiatan dan Sub kegiatan yang efektif, efisien, berdaya guna dan berhasil guna dengan mempertimbangkan dan menyelaraskan  tujuan dan sasaran pembangunan tahun 2023 guna mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021 sampai dengan 2026. 

    Gubernur Sulawesi Tengah berharap sektor koperasi dan UMKM agar tidak kalah bersaing dengan negara ataupun daerah lain karena daya saing yang tinggi bukan suatu kondisi yang dapat diperoleh secara serta merta, akan tetapi melalui tahapan-tahapan kerja keras kita semua. 

    "Keberhasilan pencapaian sasaran pengembangan koperasi dan UMKM di Sulawesi Tengah sangat tergantung dari kinerja dinas dalam membuat perencanaan dan koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten /kota," papar Datu. 

    Oleh karena itu, kata Gubernur, momen ini hendaknya dapat dijadikan forum yang sangat baik untuk memantapkan rencana dan program secara terpadu. 

    Usai membuka rakor yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Staf Ahli Gubernur Bidang ekonomi dan Pembangunan  Drs. Datu Pamusu,M.SI. 

    Dalam kesempatan tersebut pula, Bupati Tolitoli menandatangani prasasti peresmian Gedung Kantor Koperasi Pertanian Sumber Karya Desa Sibea Kecamatan Lampasio. Diakhir acara Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dan  staf Ahli Gubernur Bidang ekonomi dan Pembangunan  Drs. Datu Pamusu,M.Si  beserta rombongan menyambangi stand pameran UMKM yang diikuti oleh 30 pelaku UMKN Kabupaten Tolitoli.

    Reporter : Sarni Hasan
    Redaktur : Himawan

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru