-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | KABAR TERKINI NUSANTARA
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Menu Bawah

    Bupati Pemalang Hadiri Penanaman Tebu Perdana Dari PTPN IX Jawa Tengah

    Redaksi
    Jumat, 29 Juli 2022, 2:51 PM WIB Last Updated 2022-07-29T07:51:02Z

    BERITABARU.ID | PEMALANG — Penanaman bibit Tebu secara perdana dalam rangka kerjasama perluasan areal Tebu di Kabupaten Pemalang untuk mendukung swasembada Gula konsumsi 2024.

    Bentuk kerjasamanya diawali dengan penanaman Bibit Tebu secara bersama diareal persawahan Desa Banglarangan, Kecamatan Ampelgading oleh Bupati Pemalang, Dandim 0711 Pemalang, Kapolres Pemalang,  Kepala Kejaksaan Pemalang, Direktur PTPN IX Jawa Tengah , Dinas Pertanian serta beberapa Kepala bidang PTPN IX Jawa Tengah. 

    Dan diteruskan penandatanganan kesepakatan kerjasama Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, St, M, Si dengan Seger Budianto Direktur PTPN IX Jawa Tengah, pada Kamis 28 Juli 2022, di Lapangan Sepak Bola Desa Banglarangan.

    Kerjasama perluasan areal Tebu antara Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan PTPN IX Jawa Tengah bertujuan untuk peningkatan persediaan produksi Gula di masyarakat luas baik, untuk daerah maupun untuk nasional.

    Menurut Direktur PTPN IX Jawa Tengah Seger Budianto, Kalau di Jawa Tengah kekurangan Tebu masih cukup banyak kalau dikonfresikan, persediaan lahan hanya 30 ribu Hektar, sedangkan kebutuhan Gula secara nasional 3,4 Juta ton, untuk persediaan Gula dari PTPN IX dan BUMN hanya 1 juta ton Gula hanya 50 %  jadi yang 50% dari swasta.

    Areal lahan yang dimiliki PTPN dan BUMN. pada tahun 2021,  57 ribu Hektar. untuk tahun 2021, dItargetkan 100 ribu Hektar. Mudah-mudahan pada 2024 target lahan 59 ribu Hektar bisa dimiliki sehingga yang ditargetkan 128 ribu Hektar bisa tercapai.  

    Ia berharap, Kebutuhan Gula Kristal Putih di masyarakat terpenuhi semua sehingga pada tahun 2024 sudah menjadi swasembada Gula nasional. 

    Sementara itu Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, menyampaikan aspresiasi yang setinggi-tingginya kepada Direktur PTPN IX Jawa Tengah yang telah mempunyai inisiatif  penanaman Tebu perdana di Desa Banglarangan, Kecamatan Ampelgading.

    "Saya menyambut baik pelaksanaan Penanaman Tebu perdana yang dilakukan PTPN, juga berharap momentum awal ini untuk peningkatan kebutuhan Tebu di Kabupaten Pemalang dan mendukung program swasembada Gula Nasional," kata Bupati.(Rudiono)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru