Breaking News

Hari Ini, Dua Dusun Desa Surajaya Gelar Sedekah Bumi


BERITABARU.ID | Pemalang – Sebagai rasa syukur dari hasil bumi dan rezeki atas berkah yang diberikan Allah SWT serta rezeki lainnya selama satu tahun, Dua Dusun Silarang dan Kedu santri  Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang menggelar Sedekah Bumi dan Haul Akbar bersama secara sederhana pada Senin, ( 8 /8 ) di Kantor Balai Desa Surajaya.

Pelaksanaan Do'a bersama dipandu oleh Darnoko Kasi Pelayanan  ( Lebe ) dan kegiatan Sedekah Bumi dikoordinir Moh, Irfan Ketua BPD dibantu perangkat desa, pendamping desa. Kemudian kegiatannya dipantau oleh Babinkantibmas Desa Surajaya.    

Momen yang sangat penting ini diadakan di dua dusun itu dari generasi ke generasi sebagai agenda tahunan untuk meneruskan atau menguri-nguri adat-istiadat dari nenek moyangnya dan juga menggelar doa bersama supaya diberikan keberkahan dan kesehatan.


Dalam Kegiatan Moh Irfan Ketua BPD Surajaya Ketua Penyelenggara menjelaskan, kegiatan sedekah bumi ini dilaksanakan setiap bulan muharram tepatnya bulan suro, setiap 10 Muharram warga Dusun Silarang dan Kedu santri secara otomatis sejak dahulu dari pagi berbondong-bondong membawa ambeng sebagai simbolis  Slametan bentuk syukurannya,  jadi kami selaku panitia tidak repot lagi.

"Tradisi itu memang sudah dilakukan warga  Dukuh Silarang dan Dukuh Kedu Santri sejak dahulu," jelasnya. 

Kemarin Dua Dusun itu Minggu  (7/8 ) juga mengadakan kegiatan Haul Akbar atau doa bersama di makam wetan, pada tahun kemarin Haul Akbar atau do'a bersama di makam kulon, jadi bergantian, tambahnya.

Dia berharap tradisi ini dilakukan secara terus menerus dan pada tahun depan inshaAllah lebih meningkat lagi.

Menurut Darnoko Kasi Pelayanan Desa Surajaya, kami secara pribadi dan Pemerintah Desa Surajaya, mendukung adanya kegiatan Sedekah Bumi ini, karena kegiatan itu secara langsung membangun mental masyarakat juga untuk melestarikan adat istiadat masyarakat Desa Surajaya.

Lanjutnya, Perlu kami informasikan pada HUT Kemerdekaan RI ke 77, akan diadakan Turnamen Sepak Bola Kambing Cap tingkat RW dan lomba K3 untuk masyarakat, (Rudiono).
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI