Breaking News

Kades Susukan Ciptakan Inovasi Baru Atasi Masalah Sampah Di Pemalang


BERITA BARU | PEMALANG — Semenjak ditutupnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Dhukuh Pesalakan, Desa Penggosoran, Kecamatan Pemalang, terlihat Limbah Sampah membludak di mana-mana baik, utamanya  di pasar-pasar, rumah sakit, maupun di desa-desa.

Membludaknya limbah Sampah tersebut dirasakan oleh masyarakat Pemalang Timur. Pasalnya, masyarakat Pemalang Timur kesulitan dalam pembuangan sampah tersebut. Akibatnya, banyak masyarakat Pemalang Timur mengeluh.


Keluhan itu ditanggapi oleh Irfanudin Kepala Desa Susukan, Kecamatan Comal. 

Dalam percakapan dengan awak media, pada Kamis (8/6) di ruangan kerjanya, Irfanudin mejelaskan, Memang dari informasi Sampah menjadi masalah cukup serius di Kabupaten Pemalang, itu harus ada solusi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. 

Menurut Irfanudin, kalau sulosi di Desa kami dengan cara membuat mesin Pemusnah Sampah.  "Alhamdulillah, desa kami di kelola oleh Bumdes kami miliki mesin itu," jelasnya.

Untuk sulosi di desa kami, lanjutnya, ada dua solusi  yakni  incam dan ofcam.  Kalau incam  dari para pelanggan-pelanggan yang akan membuang sampah itu dikelola oleh Bumdes dan ofcam Sampah yang masuk ke TPA kami daur ulang.

"Sampah kami pilah -pilah yang organik di desa kami ada mesin tertentu untuk mengelolanya, dengan mesin itu sampah organik itu kami jadikan Pur Pakan hewan ternak,  sedangkan Sampah non organik seperti Sampah plastik kami ada mesin tertentu, kami pecah-pecah dengan mesin itu akan dijadikan pengganti bahan bakar PLN atau Tenaga listrik. Mesin Pengelola Sampah yang kami miliki bisa menampung Sampah antara 30 hingga 50 ton," jelasnya.

Ia berharap,  dengan adanya Solusi itu setidaknya untuk mengurangi sampah -sampah yang ada di Kabupaten Pemalang. 

"Kami informasikan bagi semua warga, jika kesulitan untuk membuang sampah, bisa hubungi melalui Bumdes untuk bekerjasama," imbuhnya. 

"Kami membuka kerjasama seluas-luasnya untuk masyarakat Kabupaten Pemalang  menjadi pelanggan pembuangan Sampah apa saja. Kami siap menerima," ungkap Irfanudin.(Rudi) 

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI