Breaking News

LBH DKI Kabupaten Brebes Berikan Bantuan Hukum Gratis Bagi Warga Binaan


BERITABARU.ID | BREBES — Lembaga Bantuan Hukum Duta Keadilan Indonesia (LBH DKI) Kabupaten Brebes berikan penyuluhan hukum kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Brebes.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang undang-undang, peraturan, dan prosedur hukum yang berlaku, sehingga masyarakat dapat hidup dalam kesadaran hukum yang lebih tinggi dan membangun budaya masyarakat sadar hukum.

Kegiatan yang digelar di dalam Lapas Brebes, pada Sabtu (5/8), selain dihadiri oleh sekitar 50 peserta dari warga binaan Lapas Brebes, sejumlah pemateri dari LBH DKI bersama ketua LBH DKI kabupaten Brebes juga hadir.

Penyuluh Hukum Iwan Kuryadi SH MH menjelaskan bahwa tema yang diangkat bantuan hukum bagi masyarakat dan hak tersangka.

Menurut Iwan Kuryadi, bahwa banyak individu yang tidak memiliki sumber daya finansial yang cukup untuk menghadapi biaya hukum yang tinggi. Sehingga LBH hadir untuk memberikan bantuan hukum secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau. Hal ini memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk mencari keadilan dan melindungi hak-hak mereka.

Selain itu, Ia menjelaskan pentingnya edukasi tentang hukum, Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang undang-undang, peraturan, dan prosedur hukum yang berlaku, sehingga masyarakat dapat hidup dalam kesadaran hukum yang lebih tinggi dan membangun budaya masyarakat sadar hukum.

"Jadi dalam kesempatan ini selain kami ingin memberikan edukasi kepada warga binaan Lapas Brebes, melalui kesempatan ini kami juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengkuasakan perkara hukumnya kepada LBH DKI.  Alhamdulilah, ada sekitar 15 orang yang sudah mengisi surat pernyataan dan kuasa kepada kami, namun perlu kami garis bawahi, bahwa ini murni gratis dan ini kami lakukan untuk masyarakat yang benar benar membutuhkan," beber Iwan.

Sementara Rusmono atau akrab di sapa Pa'le menambahkan dengan kegiatan ini masyarakat memperoleh pemahaman.

"Dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan di Lapas Brebes ini diharapkan masyarakat, khusunya para tersangka memperoleh pemahaman yang baik tentang hukum, dapat hidup dalam kesadaran hukum yang lebih tinggi, melindungi hak-hak mereka, dan berpartisipasi secara aktif dalam sistem hukum yang adil,"  tambah Rusmono.

Ketua LBH DKI Kabupaten Brebes, H Maryoko, yang akrab dipanggil Bang Jarot dalam sambutanya sampaikan terimakasih kepada pihak Lapas Brebes.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Lapas Brebes, semoga semua melek hukum untuk mewujudkan keadilan bermasyarakat," ujar Maryoko.

Sementara Kalapas Brebes melalui Kasi Bina, Oky Krisnahananto mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini, dan ini sangat bermanfaat terutama untuk warga binaan yang sedang menghadapi proses persidangan. Kami berharap kepada para tahan yang sedang mengikuti proses pengaduan, ikuti dengan baik sesuai proses dan semoga dengan penyuluhan hukum dari LBH Duta Keadilan Indonesia ini dapat membantu kelancaran proses hukumnya,"kata Oky Krisnahanto. (RN_)
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI