Breaking News

Sertu Batjo Raha Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SMPN 38 Kepulauan Selayar


BERITABARU.ID | Selayar - Sersan satu (Sertu) Batjo Raha memberikan materi wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada puluhan siswa-siswi kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 38 Kepulauan Selayar, pada Jumat (16/9/2022). 

Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas dan tupoksinya sebagai Bintara Pembina Desa atau Babinsa di desa Tarupa.

Sertu Batjo Raha mengatakan wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Pertama yang perlu kita tumbuhkan dan tanamkan sejak dini disemua kalangan generasi muda bangsa kita adalah wawasan Kebangsaan. Dimana wawasan kebangsaan ini akan menumbuhkan jiwa nasionalisme anak-anak kita, sehingga secara tidak langsung sikap Bela Negara sebagai warga negara yang baik akan lahir secara otomatis untuk membela dan mempertahankan negaranya," ujar Sertu Batjo Raha.

Lanjutnya, Sertu Batjo Raha menambahkan hal ini bisa terwujud jika sikap dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dicintainya dari berbagai ancaman, ganggunan, hambatan dan tantangan.

"Intinya mempertebal lagi tali persatuan dan kesatuan bangsa sehingga negara kita menjadi kuat dan tidak mudah dipecahkan oleh bangsa lain. TNI akan selalu hadir sebagai garda terdepan karena TNI berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat," ujar Batjo Raha. (Tim).

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI