Breaking News

Ketua DPP PDIP, Wiryanti Sukamdani Pelopori Pemasaran Rumput Laut Brebes


BERITABARU.ID | BREBES — Mbak Yanti, sebutan akrab Ketua DPP PDI Perjuangan Dr (HC) Dra. Hj. SB Wiryanti Sukamdani, CHA, telah berkomitmen pada Pemilihan Caleg (Pileg) tahun 2024 mendatang telah menjatuhkan pilihannya ke daerah pemilihan (Dapil) 9 Jateng yaitu Brebes, Tegal,dan Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Kehadirannya di Desa Randusanga Kulon Kecamatan/Kabupaten Brebes pada, Selasa (15/8/2023. Mbak Yanti tidak hanya menyapa warga Desa Randusanga Kulon tetapi turut memberikan bantuan berupa sembako.

Menariknya lagi, dalam kehadirannya di Desa Randusanga Kulon yang didominasi petani budidaya rumput Laut, Mbak Yanti meninginspirasi dan memotivasi para petani.

Diantaranya dengan memotivasi dan memelopori pengiriman perdana rumput Laut hasil budidaya warga Desa Randusanga Kulon ke PT Agrindo Bogatama di Jakarta.

“Kami berharap pengiriman perdana ini menjadi motivasi bagi warga Desa Randusanga Kulon untuk lebih meningkatkan penghasilan,” ujarnya.

Disebutkan, selain Kabupaten Jepara, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Kabupaten Brebes juga telah tercatat sebagai wilayah UMKM penghasil Rumput Laut dikawasan Pantura.

Seperti diketahui, ada dua desa penghasil rumput laut di Kabupaten Brebes yakni Desa Randusanga Wetan dan Randusanga Kulon, keduanya sama-sama terletak di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.

Untuk diketahui, Potensi Rumput Laut di Desa Randusanga Wetan dan Kulon Kabupaten Brebes merupakan Potensi yang sangat luar biasa dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut.

Mbak Yanti yang hadir didampingi Wakil Walikota Tegal dan Ketua Kelompok Rumput Laut di sela meninjau gudang penyimpanan rumput laut menyebutkan untuk lebih lanjutnya hasil petani rumput laut Desa Randusari Kulon akan meningkat.

“Dari mulai panen hingga pemasaran kita akan bantu agar petani rumput laut disini tidak lagi harus menjual ke tengkulak, jadi kini mereka terbebas begitu panen langsung dibeli tunai,” jelas Mbak Yanti.

Dia berharap dengan pertemuannya ini menjadikan motivasi bagi warga masyarakat untuk mengembangkan budidaya rumput laut yang memiliki potensi besar di Kabupaten Brebes.

Apalagi budidaya rumput laut di Desa Randusanga ini merupakan wilayah ke 4 (keempat) di Jawa Tengah setelah Jepara, Pekalongan dan Pemalang.

“Jadi nanti Potensi Lokal msyarakat Brebes akan bertambah tidak hanya telur asin, bawang merah tetapi juga rumput laut berkelas,” tuturnya. (RN)
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI