Breaking News

Kajari Pemalang: Jika Keuangan Desa Dikelola Dengan Benar, Tak Perlu Takut Dilaporkan LSM


BERITA BARU | Pemalang — Kepala Kejaksaan Negeri Pemalang Muib, SH, MH. Li menanggapi oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang kerap melakukan tindakan melaporkan salah satu masalah di desa. 

Pihaknya menyarankan, para perangkat desa maupun kepala desa jangan takut, yang penting dalam pengelolaan keuangan desa dilakukan secara tertib, benar, transparan dan ada pertanggung-jawaban yang lengkap.


"Perangkat desa maupun kepala desa jangan takut, siapa pun, orang manapun,  orang itu menemukan A, menemukan B, kan ada inspektorat, dispermades akan mendampinginya  yang penting kita teliti sejauh mana tingkat kebenarannya maupun tingkat kesalahannya. Bila ada temuan di desa seharusnya diselesaikan secara bijak, kiranya bisa di perbaiki ya perbaikan saja," kata Muib Kajari Kabupaten Pemalang saat melakukan giat pembinaan dan monitoring pengolahan keuangan desa di Pendopo Kecamatan Ampelgading, pada Kamis 23 November 2023.

Muib menyampaikan, Kejaksaan Negeri Pemalang bersama inspektorat, dispermades dan jajaran pemerintah daerah senantiasa mendampingi pengolahan keuangan desa semua di wilayah Kabupaten Pemalang, kita sudah jalan di 8 kecamatan, masih kurang 6 kecamatan lagi.

"Terkait giat hari ini, tujuannya yakni untuk melakukan pendampingan terhadap perangkat desa dan kepada desa dalam pengolahan keuangan desa," ujarnya.

Dalam paparannya, Muib berulang kali menegaskan, jangan ragu -ragu,  jangan was-was, jangan takut dihantui orang yang akan melaporkan macam-macam, yang penting dalam pengelolaan keuangan desa dilakukan secara jujur, transparan, akuntabel sesuai peraturan yang ada.

Pasca giat ini, Ia berharap kedepannya tidak ada lagi penyimpangan keuangan di desa, utamanya di Kabupaten Pemalang.

Terpantau dalam giat ini juga dihadiri Plt Kepala Dispermades Pemalang, Kajari, inspektorat, Camat Ampelgading, Kepala Desa dan Perangkat desa di Kecamatan Ampelgading. (Rudi).

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI