Breaking News

Polres Tegal Gelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK


BERITABARU.id, TEGAL | Jajaran Polres Tegal menggelar deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di ruang prajagupta Polres Tegal, pada Rabu 23 Maret 2022.

Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at mengatakan, dalam upaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat, Polres Tegal akan merencanakan zona integritas yang ada untuk memenuhi pelayanan terbaik.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada masyarakat,” tegasnya.

Sebelumnya, di tahun 2021 Polres Tegal telah mencanangkan hal itu, kemudian pada aspek penilaian ternyata masih ada kekurangan yang harus diperbaiki terutama masalah pelayanan system.

“Salah satunya adalah kita akan memperbaiki system pelayanan kita seperti SKCK itu terpisah dari pelayanan SPKT dan dalam waktu yang dekat kami akan melakukan pendataan ulang,” paparnya.

Rencananya, ruangan yang dipakai saat ini akan digunakan untuk pelayanan SKCK dalam pelayanan satu atap. 

“Namun, kita butuh proses sekitar 1 hingga 2 bulan untuk mendapatkan pelayanan satu atap itu,” jelasnya.

Kemudian, pihaknya juga akan selalu mereview sebagaimana manusia yang tetap memiliki keterbatasan. 

“Namun jaganlah khawatir, kami tetap bertekad untuk selalu memperbaiki dan berupaya agar hasilnya menjadi maksimal. Kita juga akan meningkatkan manajemen perubahan terutama mindset dan cara berfikir yang paham bahwa kita ini adalah palayan masyarakat,” imbuhnya.

Namun, hal itu bukanlah mudah didapatkan, oleh karenanya pihaknya terus berupaya menerima masukan dan saran khususnya tokoh agama agar pelayanan publik menjadi lebih baik

“Kami mohon bantuan partisipasi khususnya dari masyarakat serta tokoh agama bahwa kami selalu menerima masukan dan saran terhadap pelaksanaan pelayanan publik sehingga diharapkan Polres Tegal menjadi lebih baik,” tandasnya.

Sementara, Sekda Kabupaten Tegal, dr Widodo Joko Mulyono yang hadir saat itu mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Tegal beserta jajaran yang telah menginisiasi pelaksanaan program Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

“Harus menjadi pemahaman kita bersama bahwa pencanangan ini tidak hanya sekedar simbolis semata, namun dibutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh personil kepolisian, untuk sepenuh hati memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat serta menghindarkan diri dari segala potensi korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), termasuk praktik percaloan atau bahkan pungli dengan memungut atau mengutip uang dari masyarakat tanpa dasar hukum yang sah dan tidak disertai dengan tanda bukti penerimaan,” ungkap Sekda Kabupaten Tegal.

Joko berharap, seluruh jajaran Polres Tegal dapat senantiasa menjaga komitmen dan integritas demi mewujudkan tujuan yang mulia yakni WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBK)

“Saya harap seluruh pihak yang hadir di sini dapat ikut memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta aktif dalam pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di lingkungan Polres Tegal,” tutur Sekda.

Kemudian, Sekda juga mengajak kepada yang hadir agar mendukung pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di lingkungan Polres Tegal dengan cara untuk saling menjaga diri dari perilaku menyimpang, berperilaku jujur, bertindak sesuai koridor perundang-undangan serta melaporkan kepada pimpinan bagian penegak disiplin dilingkungan Polri apabila mendapati adanya indikasi yang menyimpang dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kepolisian. (Him)
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI