-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | KABAR TERKINI NUSANTARA
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Menu Bawah

    Minum Kopi Teratur Ternyata Dapat Mendukung Kesehatan Otak

    Redaksi
    Sabtu, 11 Juni 2022, 5:32 PM WIB Last Updated 2022-06-11T10:47:36Z

    BERITABARU.ID | JAKARTA —  Sebuah penelitian kecil menyebutkan bahwa Minum Kopi secara Teratur Ternyata Mendukung Kesehatan Otak.

    1. Meningkatkan tingkat energi

    Kopi mengandung kafein, stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi.

    Ini karena kafein memblokir reseptor neurotransmiter yang disebut adenosin, dan ini meningkatkan kadar neurotransmiter lain di otak Anda yang mengatur tingkat energi Anda, termasuk dopamin.

    Satu studi kecil menemukan bahwa mengonsumsi kafein meningkatkan waktu kelelahan selama latihan bersepeda sebesar 12% dan secara signifikan mengurangi tingkat kelelahan subjektif pada peserta.

    Studi lain memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa mengonsumsi kafein sebelum dan selama putaran golf meningkatkan kinerja, meningkatkan tingkat energi subjektif, dan mengurangi perasaan lelah.

    RINGKASAN

    Kopi mengandung kafein, stimulan yang telah terbukti meningkatkan tingkat energi dan mengurangi kelelahan dengan mengubah tingkat neurotransmiter tertentu di otak.

    2. Mungkin terkait dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes dalam jangka panjang.

    Faktanya, satu ulasan dari 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko 6% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

    Hal ini diduga karena kemampuan kopi untuk mempertahankan fungsi sel beta di pankreas Anda, yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah (7).

    Plus, itu kaya akan antioksidan dan dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme - yang semuanya terlibat dalam pengembangan diabetes tipe 2 (8).

    RINGKASAN

    Konsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes dalam jangka panjang.

    3. Dapat mendukung kesehatan otak

    Meskipun penelitian telah menunjukkan hasil yang beragam, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

    Menurut satu ulasan dari 13 penelitian, orang yang secara teratur mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Terlebih lagi, konsumsi kafein juga memperlambat perkembangan penyakit Parkinson dari waktu ke waktu (9).

    Tinjauan lain dari 11 studi observasional di lebih dari 29.000 orang juga menemukan bahwa semakin banyak orang mengonsumsi kopi, semakin rendah risiko penyakit Alzheimer.

    Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi moderat dapat dikaitkan dengan risiko demensia dan penurunan kognitif yang lebih rendah (11, 12).

    RINGKASAN

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu melindungi terhadap penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan penurunan kognitif. (Bersambung) Klik DISINI

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru