-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | KABAR TERKINI NUSANTARA
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Menu Bawah

    Peringati World Cleanup Day, Pemerintah Kecamatan Libatkan 400 Peserta Dalam Aksi Bersih Pantai

    Redaksi
    Sabtu, 17 September 2022, 10:25 AM WIB Last Updated 2022-09-17T03:25:04Z

    BERITABARU.ID | Selayar - Pemerintah Kecamatan Taka Bonerate melaksanakan aksi bersih pantai yang di pusatkan di sepanjang pantai barat desa Batang. Hal ini dilaksanakan dalam rangka peringatan World Cleanup Day (WCD), dimana aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai kalangan untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. 

    Aksi ini merupakan perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta menjadi sarana memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi. Hari bersih-bersih sedunia atau yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD). World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan sampah di bumi.

    Sekretaris Camat Taka Bonerate, Andi Caco Amras, S.T.,M.M., Saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Word Cleanup Day ini, selain dilaksanakan serentak di 191 negara. Kegiatan bersih-bersih ini juga dilaksanakan serentak di kabupaten Kepulauan Selayar pada hari ini Sabtu (17/9/2022). Untuk kecamatan Taka Bonerate sendiri kita pusatkan di sepanjang pantai sebelah barat desa Batang tepatnya dekat pelabuhan rakyat pulau Kayuadi.

    "Sebanyak 400 orang peserta kita libatkan dalam aksi World Cleanup Day hari ini, diantaranya unsur TNI-Polri, semua staf UPT yang di kecamatan Taka Bonerate, pemerintah desa, siswa-siswi SD, SMPN, SMA dan toko masyarakat, tokoh agama serta karang taruna dan pendamping desa. Adapun jumlah sampah yang terkumpul belum sempat kami estimasikan, tapi kemungkinan kisaran 100 kg untuk sampah plastik dan sampah yang bisa dibakar kita bakar untuk mengurangi penumpukan ditempat pembuangan," ujar Andi Caco Amras.

    Lanjut, Sekcam Taka Bonerate ini juga menghimbau masyarakat Taka Bonerate khususnya masyarakat yang ada di pulau Kayuadi untuk mengurangi penggunaan tempat makanan ataupun minuman dari bahan plastik serta penggunaan kantong plastik. Karena kita tau bahwa sampah plastik tersebut sangat sulit terurai sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada unsur tanah.

    "Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan untuk hari ini saja, tapi bisa terus berlanjut. Hal ini juga tidak terlepas dukungan dari tokoh masyarakat, unsur TNI-Polri dan unsur lainnya," ucap Andi Caco Amras.  

    Selain di kecamatan Taka Bonerate kegiatan World Cleanup Day dilaksanakan serentak di seluruh wilayah yang ada di kabupaten Kepulauan Selayar baik itu diwilayah kecamatan daratan Selayar maupun wilayah kecamatan kepulauan. (Tim).

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru