-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Sambangi Bupati, PD GNPK-RI Sampaikan Kondisi Brebes Rawan Tindakan korupsi

    Redaksi
    Kamis, 26 Januari 2023, 12:33 WIB Last Updated 2023-01-26T05:33:23Z

    BERITA BARU | BREBES — Organisasi pencegah korupis Brebes, Pimpinan Daerah Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi  Republik Indonesia (PD GNPK-RI) Brebes, Rabu (25/1) berkesempatan sambangi  Bupati Brebes, Urip Sibahudin untuk bersilatturahmi dalam masa tugas penjabat Bupati yang baru beberap waktu lalu dilantik.

    Dalam kesempatan itu, PD GNPK-RI Brebes Budi Prabowo menyampaikan kegiatan organisasinya secara makro, dimana ia juga  menilai kondisi brebes yang menurutnya dianggap banyak diduga terjadi rawan tindakan korupsi, dan perlu adanya pencegahan.

    “Pertemuan dengan Bupati ini kami dalam rangka silaturahmi dan  menyampikan serta menyikapi kondisi Brebes terutama dalam temuan kami dimana  bantuan bantuan  keuangan baik itu APBD, APBD Provinsi maupun pusat  yang kami temukan pada umumnya kurang memenuhi syarat, tidak sesuai spek dan patut diduga terjadi tindak korupsi, dan ini perlu pencegahan dimana Bupati sebagai pimpinan tertinggi di Brebes bisa melakukan tindakan langsung,” beber Budi Prabowo.

    Lebih lanjut, Budi berharap Bupati Brebes yang bisa melakukan tindakan langsung,  dapat memberikan pembinaan kepada komponen terkait agar dapat melaksanakan pembangunan dengan tepat guna dan menyelamatkan keuangan negara

    GNPK-RI juga meneyebut pentingnya mengimplementasikan udang undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

    “KIP itu sangat diperlukan, dimana kaitanya dengan LPj, RAB dan bukti bukti bantuan keuangan dari pemerintah itu harus transparan di berikan kepada masyarakat yang membutuhkan, ini sebagai bentuk imlpementasi undang undang KIP  tentang transparasi, kalau mereka ketika diminta enggan memberikan, ini ada apa ,” kata Budi.

    Sementara Bupati Brebes, Urip Sihabudin mengapresiasi dan menyambut baik silatturahmi itu, “Saya dengan GNPK-RI itu bukan pertama kali ini saya kenal, sebelumnya saya sering bersama ketua umumnya pak Basri, jadi kami menyambut baik pertemuan ini, maka kami mengapresiasi  masukan masukan yang berikan, dan ini masukan luar biasa, dimana pencegahan korupsi itu lebih baik dari pada penindakan,” ujar Bupati.

    “kita akan menindak lanjuti laporan laporan yang kami terima baik dari lembaga atau masyarakat ke OPD terkait, karena sesuai dengan arahan Gubernur, layani masyarakat, terima dan tindak lanjuti aduan karena saling mengingatkan itu penting,” tambah Bupati.

    Bupati juga menyampaikan tidak bisa bekerja sendiri terutama mencegah terjadinya tindak korupsi, pihaknya butuh peran serta masyarakat turut mengawasi segala bentuk kegiatan yang menggunakan anggaran Negara.

    “Jika ada temuan, jangan sungkan sungkan laporkan kepada kami, pasti kami akan tindak lanjuti,” tegas Bupati.

    Lebih lanjut Bupati menyampikan terkait KIP menurutnya mungkin pengetahuan tersebut masih terbatas, maka adanya aduan yang disampiakan GNPK-RI, ia akan memerintahkan OPD terkait untuk mensosialiasikan undang undang KIP khusunya ke Pemerintahan Desa.

    Dalam kesempatan itu GNPK-RI terlihat menyerahkan sejumlah beberap bandel  dokumen kepada Bupati Brebes.

    Hadir selain Bupati Brebes, Kasat Reskrim Polres Brebes, Kepala Kesbangpol Kabupaten Brebes dan beberapa kepala OPD lain. (RN)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini