Breaking News

Ini Saran Mansur Hidayat Atasi Bertambahnya Anak Tidak Sekolah Di Kabupaten Pemalang


BERITA BARU  | PEMALANG — Dalam upaya peningkatan program pendidikan di Kabupaten Pemalang, Mansur Hidayat ST, Plt Bupati Pemalang melaunching Gerakan bersama pengentasan anak tidak sekolah (ATS) di Kabupaten Pemalang, pada Kamis 16 Maret 2023, di Pendopo Kabupaten Pemalang.

Launching tersebut bertujuan membantu anak-anak yang putus sekolah karena kurang  mampu terkait biaya pendidikan untuk melanjutkan sekolah dan juga membantu pemerintah Kabupaten Pemalang dalam 'Program Njoh Sekolah Maning. 


Masalah anak tidak sekolah di Kabupaten Pemalang semakin hari semakin meningkat, karena setiap tahunnya ada penambahan anak-anak yang baru lulus sekolah. Selain itu, ditambah dengan kondisi kurang mampu dalam biaya pendidikan dan faktor lokasi pendidikan jauh dari rumah anak tersebut, selalu menjadi kendala. 

Guna mendukung keberhasilan ATS di Kabupaten Pemalang, kata Mansur, harus ada kerjasama pemerintah Kabupaten Pemalang dengan lapisan masyarakat.

"Kami sudah perintahkan Kepada Badan Pemerintah Daerah (Bapeda) Kabupaten Pemalang untuk mengkaji dan menyurvei data pendidikan di Kabupaten Pemalang," ujarnya.

Perkiraan saya, imbuh Mansur, kalau ingin Kabupaten Pemalang bebas dari anak tidak sekolah harus selesaikan hulunya, biar tidak ada ATS lagi. Kemudian dilanjutkan hilirnya. 

"Untuk mengetahui anak yang tidak sekolah karena kurang mampu perlu adanya data yang valid dari guru, pemerintah desa dengan adanya pendataan ke rumah-rumah, sehingga pemerintah mengetahui data ATS yang ada. Dengan data maka pemerintah akan memberikan bantuan," katanya.

Ia berharap dukungan dari semua masyarakat, dinas-dinas terkait, guru maupun pemerintah desa dengan adanya Launching Gerakan bersama pengentasan ATS ini, biar  kedepannya Launching tersebut bisa terlaksana, di masyarakat sehingga Kabupaten Pemalang bebas dari ATS. 

Dalam kegiatan yang sama Mansur Hidayat, juga berkesempatan menyalurkan bantuan beasiswa berupa uang sebanyak 1 juta kepada beberapa pelajar. (Rudi)

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI