Breaking News

Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang Siap Melaksanakan Pendampingan Desa Wisata


BERITA BARU | PEMALANG — Anggota DPRD Komisi C Kabupaten Pemalang mengadakan sosialisasi kebijakan daerah tentang peran desa wisata dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di Desa Wiyoro wetan, Kecamatan Ulujami. Giatnya dihelat pada Selasa (11/7), di aula Kantor Balai Desa Wiyoro wetan.

Dalam sosialisasi itu telah hadir, Noor Rosyadi Ketua Komisi C DPRD Pemalang, Turah Raharjo Anggota DPRD Pemalang fraksi PKB, Daliwan Anggota DPRD Pemalang Fraksi PKS, dan Elly Riayanti Anggota DPRD Pemalang fraksi PDIP.


Noor Rosyadi Ketua Komisi C DPR D Pemalang, mengatakan bahwa Ia bersama rekan -rekan Anggota Komisi C DPRD Pemalang melaksanakan visi dan misi Bupati Pemalang terkait program Desa Wisata (Dewi) yang sudah tertulis secara resmi.

"Bagi desa yang sudah miliki wisata perlu adanya pengembangan biar untuk pemasukan PAD (Pendapatan Aset Desa), dan Bagi desa yang belum miliki wisata biar ambil bagian karena selama ini kami sudah melakukan pendampingan dari sekian banyak wisata desa yang berada di Kabupaten Pemalang, ada yang sudah maju sekali, ada baru berkembang maupun belum," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya siap melakukan pendampingan untuk pengembangan Desa Wisata dan siap menerima proposal untuk desa yang belum miliki wisata dengan syarat sudah musyawarah resmi dengan BPD, Pemuda dan masyarakat. 

"Wisata bukan desa yang miliki potensi pengunungan saja, maupun Desa yang memiliki Laut, lahan pertanian pun bisa, contohnya Desa Bojongnangka hanya lahan sawah dipoles buatkan panggung itu bisa dijadikan wisata desa," ungkapnya.  

Dengan berbagai macam rekreasi itu, menurutnya sudah mendapatkan perhatian dari masyarakat bahkan sekarang sudah maju, sampai tembus 2000  wisatawan perhari yang berkunjung disana.

"Harapan saya desa sudah miliki wisata untuk di kembangkan biar maju dan bagi desa belum miliki wisata segera bikin, karena dengan memiliki wisata desa itu akan ada pemasukan untuk PAD," pungkasnya.

Sementara itu, Sekdes Wiyoro wetan memberi aspresiasi terhadap 4 anggota DPRD Pemalang dari komisi C yang hadir di desa tersebut.

"Kegiatan sosialisasi ini sangat penting bagi Desa Wiyoro wetan, karena di desa kami miliki wisata religi yakni petilasan syekh Jambu karang banyak yang berkunjung dari luar daerah, perlu adanya  pendampingan untuk pengembangannya sehingga desa kami miliki wisata," ujarnya.  (Rudi)

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI