Breaking News

Mulai Senin, Kantor Pelayanan ATR/BPN Brebes Pindah Ke Gedung Depo Arsip


BERITA BARU | BREBES — Pasca kebakaran yang terjadi di kantor pertananahan ATR BPN Kabupaten Brebes pada 14 juli 2023 kemarin, maka guna pelayanan tetap berjalan, Untuk sementara sejak tanggal 17 Juli 2023, kantor pelayanan ATR/BPN Brebes pindah tempat di gedung Depo Arsip Dinas Arsip dan Perpustakaan di jalan Pusponegoro nomor 3A Brebes.

"Hal itu dilakukan dalam rangka melaksanakan pelayanan pertanahan kepada masyarakat dan pengembalian hak-hak masyarakat atas aset tanah sebagaimana dimaksud dalam peraturan Kepala BPN RI Nomor 6 tahun 2010 tentang penanganan bencana dan pengembalian hak-hak masyarakat atas tanah di wilayah bencana," kata Siyamto, A. Ptnh, M.Si Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes, Jumat, (14/7/2023).

Lebih jauh Siyamto meminta masyarakat untuk segera melapor ke kantor pertanahan ATR BPN Brebes untuk pemulihan arsip hak aset tanah dan juga yang masih dalam proses pengurusan untuk melapor proses penyelesaian pekerjaan.

Selain itu dikatakan Siyamto, masyarakat pada saat melapor ke kantor pertanahan dimohon untuk membawa persyaratan yang lengkap.

"Untuk permohonan pemeliharaan data seperti Jual beli, Hibah, APHB, Waris, Pemecahan, Wakaf dan lain-lain harus menyertakan Surat permohonan pemulihan data yang blangkonya telah disediakan, membawa foto kopi KTP pemohon dan surat kuasa jika dikuasakan, Surat Tanda Terima Dokumen (STTD) dan atau Bukti setor (kwitansi pembayaran) yang dipegang serta foto kopi Sertifikat, foto kopi Akta PPAT atau Akta Ikrar Wakaf yang disahkan oleh pejabat yang bersangkutan," terangnya lagi 

Bagi pendaftaran tanah pertama kali dimohon membawa surat permohonan pemulihan data yang blangkonya telah disediakan, membawa foto KTP Pemohon dan surat kuasa jika dikuasakan, foto kopi kopi Surat Tanda Terima Dokumen (STTD) dan atau bukti kwitansi pembayaran yang dipegang, surat pernyataan penguasaan fisik tanah, riwayat tanah dan tidak sengketa.

Untuk pemulihan arsip, masyarakat dihimbau untuk membantu upaya pemulihan arsip dengan membawa Surat permohonan pemulihan data yang blangkonya telah disediakan, membawa foto kopi KTP Pemohon dan Surat kuasa jika dikuasakan, Surat pernyataan penguasaan fisik tanah, riwayat tanah dan tidak sengketa, foto kopi sertifikat dan atau dokumen lainnya dengan memperlihatkan sertifikat asli.

Kepala Kantor Pertanahan ATR BPN Brebes berharap masyarakat yang berada di Wilayah Brebes agar segera melapor ke kantor pertanahan untuk memulihkan arsip hak aset tanah pasca terjadinya bencana kebakaran.

Seperti diketahui, gedung Kantor ATR/BPN Brebes mengalami kebakaran, pada Jum'at (14/7) kemarin, selain melalap sejumlah ruang kantor, sejumlah arsip kepemilikan tanah juga ikut terbakar.

Data yang diperoleh, Gedung Utama yaitu di Loket layanan, ruang Seksi, Ruang Arsip BT mengalami kerusakan. Bahkan sejumlah dokumen penting seperti dokumen BT, Sertifikat PTSL 2023 yang siap diserahkan dan sejumlah yang masih dalam pengerjaan mengalami kerusakan. bahkan Warkah PTSL 2022 dan berkas PTSL 2023 hancur dilalap api.

Sementara yang masih selamat di ruang TU, ruang warkah, ruang Seksi 3,4,5 dan sejumlah Sertipikat Redis 700 bidang.

Namun diketahui tidak ada korban jiwa. (Roni)
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI