Breaking News

Kontes Domba Kambing Warnai Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan


BERITABARU.ID | BREBES — Dalam rangka memeriahkan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan (BPPKH), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes meriahkan dengan berbagai acara, salah satunya gelar kontes domba kambing, pada Sabtu (23/9), di halaman kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Brebes.

Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan yang gelar 26 Agustus hingga 23 September 2023, seperti disampaikan  Kepala DPKH Kabupaten Brebes, drh Ismu Subroto, berbagai kegiatan digelar.

"Meriahkan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan, DPKH Kabupaten Brebes, antara lain menggelar kontes domba kambing, pengobatan massal vaksinasi rabies pada hewan 150 ekor, penandaan ternak, penanaman rumput gama Umami, bimtek juru sembelih halal atau Juleha dan penyaluran paket telur sebanyak300 butir serta pembinaan higienis dan sanitasi," kata Ismu Subroto.

Penandaan ternak dijelaskan Ismu, sebanyak 3189 ekor, hasil Inseminasi Buatan (IB) 525 ekor dengan jumlah kelahiran 173 ekor dari target IB 1200 ekor.

Sementara Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin dalam sambutanya mengatakan, dengan peningkatkan pengetahuan beternak membantu pengembangan usaha dari hulu hingga hilir yang berbasis peternakan rakyat dan kemitraan, serta jaminan Produk Asal Hewan sebagai upaya mewujudkan kuliner halal di kabupaten Brebes.

“Makin banyaknya peternak yang berkualitas maka akan menjadi andalan untuk mendulang prestasi,” ungkap Urip. 

Penanganan secara terintegrasi dari segi higiene sanitasi dan kehalalan diharapkan Urip juga dapat mewujudkan kabupaten Brebes menjadi Kabupaten Wisata Kuliner Halal dan Sehat.

Dalam acara itu, Pj Bupati dan Pimpinan Bank Jateng juga berkesempatan menyerahkan perguliran bantuan 25 ekor induk domba kepada Badan Usaha Milik Petani/Peternak (BUMP) PT Domba Sakub Maju Jaya. (RN)

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI