Breaking News

Gebyar Penggarit Rural Festival 2023 Diprediksi Dongkrak Perekonomian Desa


BERITA BARU | PEMALANG — Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengajak warga Kabupaten Pemalang untuk datang dan meramaikan gelaran event Penggarit Rural Festival 2023.

” Sampaikan dan ajak keluarga, saudara, teman, kerabat dan tetangga sekitar untuk datang berkunjung sekaligus menikmati berbagai acara dalam Penggarit Rural Festival 2023 ini," kata Mansur Hidayat, saat membuka Penggarit Rural festival di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, pada Kamis ( 8 /11 ).

Menurut Kepala Desa Penggarit Imam Wibowo, Penggarit Rural festival selain mengangkat produk mangga unggulan desanya, festival tersebut juga akan menyuguhkan produk unggulan lain dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diharapkan mampu memberikan efek peningkatan ekonomi warga sekitar.

“Acara ini terselenggara karena memotivasi kami untuk bisa mengangkat produk khas desa utamanya mangga serta memamerkan produk unggulan lain berupa UMKM nantinya diharapkan ada efek ekonomis yang bisa dihasilkan," katanya.

Imam Wibowo menyebutkan, Penggarit Rural Festival rencananya akan diselenggarakan empat hari mulai  9 -12 November 2023, menjadi ajang promosi dan motivasi warga Desa Penggarit dalam mengenalkan produk -produk unggulan desa salah satunya yakni mangga “istana”. 

Festival Mangga rutin digelar setiap dua tahun dan terakhir pada tahun 2022  rencananya akan dilaksanakan kembali tahun 2024 mendatang diganti dengan Penggarit Rural Festival 2023 ini.

“Karena Festival Mangga dilaksanakan tahun 2024, namun tidak memungkinkan ada agenda pemilu,  kami mengganti menjadi Penggarit Rural festival tahun ini, mengingat perputaran uang yang sangat luar biasa dalam Festival Mangga tahun 2022 yakni sebesar 1,5 Milyar,  ia berharap hal itu akan memberikan dampak positif dalam perekonomian warga Penggarit," jelasnya.

“Terakhir kemarin ketika tahun 2022 kita melaksanakan Festival Mangga, perputaran uang dalam waktu 2 hari di desa Penggarit mencapai 1,5 Milyar Ini akan berdampak baik secara ekonomi warga masyarakat Penggarit dan sekitarnya,  utamanya para pelaku UMKM," pungkasnya.

Rencananya, dalam Festival itu pengunjung akan disuguhkan berbagai macam kegiatan menarik seperti,  pertunjukan Gending Gista Laras, Jaran Ebeg, Bazaar Mangga,  UMKM, aneka lomba, live musik, grebeg mangga, senam, dan orkes melayu (Rudi).

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI