Breaking News

Papua: 2 Minggu Terlantar, Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Selamatkan Wanita Terjangkit Malaria

Foto: Dok.BB. Personel Tim Medis Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya sa'at datang ke honai warga mageabumek untuk penanganan kesehatan penderita malaria

BERITA BARU | PAPUA - Malaria merupakan penyakit akibat gigitan nyamuk Anopheles betina yang dapat menularkan parasit plasmodium yang terdapat pada liur nyamuk. 

Malaria merupakan penyakit serius yang biasanya menyerang bagian sendi-sendi dan juga bagian kepala manusia bahkan dapat menyebabkan kematian.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Rabu, (7/2/2024).

Danpos Pos pintu jawa Lettu.Inf. Dodi menyatakan; "Penyakit Endemi Malaria ini sangat fatal apabila didiamkan," ujar Danpos.

"Makanya Saya tekankan ke anggota untuk terus menjaga kebersihan dan terus sempatkan olahraga biar daya tahan tubuh tetap kuat." sambungnya.

Ia juga mengatakan, malaria ini dapat menyerang segala kalangan dan segala usia, seperti yang diderita oleh salah Satu Masyarakat Distrik Mageabumek yang bernama Ibu Dipera Telenggen.

"Dia mengidap penyakit Malaria dari sejak masa remaja hingga sekarang dan masih sering kambuh, dengan adanya Pos TNI didekat tempat tinggalnya membuat Dia sangat terbantu karena mendapatkan pelayanan kesehatan," ungkap Danpos Pintu Jawa.
Keterangan gambar: Mamah Mira beserta keluarga berterimakasih atas bantuan yang diberikan satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya bersama jajaran nya

Lanjutnya; "2 minggu berada dirumah kerabatnya dan tidak dapat penanganan kesehatan," ujar Danpos khawatir. 

"Wanita yang akrab dipanggil Mama Mira sudah terlihat sangat lemas sampai kakinya mulai membengkak karena sudah lama tidak jalan," ujarnya.

Mendapatkan laporan dari Suami Mama Mira, Danpos Pintu Jawa Lettu.Inf. Dody Suyono turun langsung bersama Tim Kesehatan bergerak cepat menuju Honai kerabat yang ditempati Mama Mira.

Saat tiba di Honai dan telah melihat kondisinya dengan Prihatin Lettu.Inf. Dody Suyono menyampaikan; 

"Kepada keluarga ibu Dipera Ini kalau terlambat sedikit bisa Berbahaya dan menyebabkan kematian, Sudah 2 Minggu lebih ternyata Malarianya Kambuh, lain Kali Mama, Bapak, Tete sampaikan langsung kalau ada yang sakit keras kayak begini." Pinta Danpos.

Pos Pintu Jawa yang berada di Distrik Mageabumek merupakan Pos keluh kesah masyarakat sekitar, karena satu-satunya Pos yang ada dan dikelilingi 11 Kampung yang ada di Distrik Mageabumek.

Pihak keluarga mengucapakan terima kasih kepada Satgas TNI 300 Siliwangi Pos Pintu Jawa yang sudah dengan cepat menolong memberikan pengobatan pada Mama Mira yang terjangkit penyakit Malaria.

(HN)
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI