-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | KABAR TERKINI NUSANTARA
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Menu Bawah

    179 Calon Peserta Kafilah MTQ Ke-XXIX Ikuti Seleksi, Ini Pesan Bupati Tolitoli

    Redaksi
    Jumat, 25 Maret 2022, 10:14 PM WIB Last Updated 2022-03-25T15:14:01Z

    BERITABARU.id, TOLI-TOLI | Dalam rangka persiapan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ke XXIX di Kabupaten Banggai tahun 2022, LPTQ Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan kegiatan penjaringan dan seleksi calon peserta kafilah MTQ Kabupaten Tolitoli yang secara resmi dibuka oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya pada Jum'at Sore  (25/03) di Aula Rumah Jabatan Bupati Tolitoli.
     
    Hi. Husni Mubarak, Lc selaku ketua panitia melaporkan bahwa, tujuan dilaksanakam kegiatan ini adalah untuk penjaringan calon peserta terbaik dari setiap cabang musabaqah yang akan mewakili Kabupaten Tolitoli pada event MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ke XXIX. 

    Adapun jenis lomba yang akan diikuti yaitu cabang tartil Quran masing-masing putra dan putri, Musabaqah Hifdzil Qur'an putra dan putri, Musabaqah Syarhil Quran dan Musabaqah Fahmil Qur'an. 

    Kegiatan penjaringan dan seleksi ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 25 Maret sampai tanggal 28 Maret 2022. 

    Adapun tempat pelaksanaan seleksi dan penjaringan Musabaqah cabang tilawah dan tartil Quran bertempat di rumah jabatan Bupati secara langsung dan virtual, cabang Hifdzil Qur'an bertempat di Mushallah MAN Tolitoli secara langsung dan virtual, cabang Syarhil dan Fahmil Qur'an dipusatkan di Aula Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli. 

    Para peserta berasal dari kafilah Kecamatan se Kabupaten Tolitoli terdiri dari Tilawah 44 orang, Tahfidz 45 orang, Fahmil 30 orang,  Syarhil 60 orang, total keseluruhan peserta berjumlah 179 orang.

    Sementara itu, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dalam sambutannya mengatakan, bahwa pelaksanaan penjaringan dan seleksi merupakan proses pembinaan dan latihan secara kontinue guna mempersiapkan diri para kafilah untuk mengikuti perhelatan MTQ. Tentunya Qori dan Qoriah terbaik akan diikutsertakan pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ke- XXIX yang akan dilaksanakan di Kabupaten Banggai. 

    "Kegiatan penjaringan dan seleksi ini dilaksanakan  sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah Kabupaten Tolitoli dalam memberikan perhatian kepada Qori dan Qoriah  agar dalam berlomba mengikuti MTQ nanti benar-benar siap tampil  dengan kemampuan yang sudah dibekali oleh pelatih, dengan harapan  agar kafilah atau duta Kabupaten Tolitoli dapat mengukir dan meraih prestasi yang terbaik," ujarnya. 

    Bupati berharap kepada segenap peserta agar menunjukkan kemampuan dalam kegiatan seleksi ini dan meningkatkan rasa persaudaraan dalam tali silaturahim antar sesama peserta. Jadikan kegiatan ini sebagai wadah tukar menukar informasi bagi kemajuan perkaderan qori dan qoriah. 

    Bupati mengharapkan pula dari kegiatan seleksi ini dapat mengambil manfaat positif, khususnya dalam hal evaluasi baca tulis Al-quran, evaluasi dalam hal pembinaan selama ini, baik yang dilakukan LPTQ Kabupaten Tolitoli maupun pengurus LPTQ di setiap kecamatan. 

    Dengan seleksi ini akan dapat dilakukan pemetaan potensi Qori dan Qoriah di seluruh Kabupaten Tolitoli, sehingga program pembinaan akan dapat berjalan lancar dan tepat sasaran. Olehnya itu  peran pelatih menjadi salah satu faktor penting  dalam menentukan keberhasilan peserta yang akan berlomba diberbagai cabang  agar memperoleh  hasil yang menggembirakan. 

    Pelatih dituntut harus mampu memberikan pembelajaran pengetahuan dan berbagi pengalaman untuk memotivasi peserta agar lebih giat berlatih tanpa kenal lelah dan yang paling utama perangkat daerah terkait harus mampu memberikan pelayanan maksimal  kepada peserta dan pelatih dalam memenuhi kebutuhannya sehingga menjadi spirit bersama dalam mengharumkan nama Kabupaten Tolitoli.

    Diakhir sambutan, Bupati memberikan apresiasi kepada pengurus LPTQ yang telah melakukan pembinaan secara sungguh-sungguh kepada putra putri terbaik daerah ini  sehingga mampu menjadi Qori dan Qoriah berkualitas. 

    Kepada para peserta, Bupati berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,  jika menemukan hal yang tidak dimengerti atau tidak jelas tanyakan kepada pembimbing  supaya ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan di ajang MTQ nanti dan kepada para instruktur serta tim pelatih Bupati juga berharap agar kiranya dapat menyampaikan bimbingannya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. 

    "Kerahkanlah segenap ilmu dan pengetahuan  yang dimiliki agar peserta makin siap dan makin meningkat kemampuannya. ucapan terima kasih pula telah meluangkan waktunya  membagi ilmu dan pengalamannya  guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia peserta kafilah MTQ yang ada di daerah ini," katanya.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan,  Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S. Sos,  Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Tolitoli, Pejabat Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, pengurus LPTQ Kabupaten Tolitoli,  pimpinan BUMN dan BUMD Kabupaten Tolitoli, para Camat se Kabupaten Tolitoli, para kepala KUA se Kabupaten Tolitoli, panitia pelaksana, pelatih dan instruktur. (ASRIATI)

    Redaktur: Himawan
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru