-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | KABAR TERKINI NUSANTARA
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Menu Bawah

    Usai Sedekah Laut, Paguyuban Nelayan Mojo Nanggap Orkes Dangdut Monata Asal Jawa Timur

    Redaksi
    Minggu, 07 Agustus 2022, 11:19 PM WIB Last Updated 2022-08-07T16:23:39Z

    BERITABARU.ID | ULUJAMI — Bentuk puji syukur kepada Allah SWT atas berkah yang melimpah dengan hasil ikan selama satu tahun Paguyuban nelayan Desa Mojo, Kecamatan Ulujami mengadakan Sedekah Laut. 

    Acara Sedekah laut dilaksanakan tepat pukul, 12, 00 Wib, pada Minggu ( 7/8 ).  

    Muthohir, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pemalang melepas  Dua Larung yang berisi, Kepala Kerbau, Tumpeng dan polowijo.

    Dua Larung itu diarak dari TPI menuju ke muara laut lalu sedekah itu dibawa ke perahu untuk dilarung ke tengah laut, arak-arakkan kedua Larung itu diiringi Dram band anak-anak Desa mojo, diikuti, Forkompincam Ulujami, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pemalang, warga nelayan Desa Mojo,  Satpol Laut, TNI Al, Perangkat Desa Mojo dan unsur-unsur lainnya.

    Sedekah Laut itu sebagai agenda rutinitas setiap tahunnya untuk melestarikan adat-Istiadat nenek moyang dari zaman dahulu dan supaya diberikan keselamatan dalam beraktivitas kegiatan penangkapan ikan juga  hasil ikan tangkapan supaya lebih melimpah ruah.

    Anto salah satu Panitia penyelenggara menjelaskan, "Semua kegiatan sedekah laut ini terlaksana berkat kerja keras dari semua panitia penyelenggara selama satu tahun,"kata Anto.


    "Dana Anggaran pelaksanaan sedekah laut di kumpulkan dari para Nelayan dan Danatur," tambahnya.

    "Kami berharap kegiatan sedekah laut pada tahun depan lebih meriah lagi dari tahun ini," tutup Anto

    Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Muthohir menyampaikan, Kegiatan sedekah Laut yang digelar pada hari ini bentuk rasa syukur paguyuban nelayan Desa Mojo selama satu tahun menangkap ikan di laut.

    Dengan ada Kegiatan sedekah Laut nelayan selama tidak menangkap ikan mudah-mudahan setelah  3 hari kedepan hasil ikan  tanggapan  lebih melimpah dan kami berharap kepada nelayan Desa Mojo bersama melestarikan ikan yang ada dan juga  ikan hasil tangkapannya dijual TPI, jangan kemana-mana, Hasil penjualannya bisa membantu Pembangunan Desa.

    AKP Teguh Kapolsek Ulujami, menghimbau kepada semua yang mengikuti larung  ke laut, batasi jumlah orang yang ada di perahu karena kalau tidak dibatasi bisa membahayakan, jaga keselamatan masing -masing dan selalu hati-hati. 

    "Kami mengimbau kalau cuaca tidak memungkinkan lebih baik kegiatan sedekah laut dipinggir saja," ujarnya.

    Sedekah Laut akan dimeriahkan pada Senin siang pukul 13,00 WIB  oleh grup orkes Monata dan dihibur artis artis dari Jawa Timur. (Rudiono). 


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru