-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | KABAR TERKINI NUSANTARA
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Menu Bawah

    Banjir Melanda Pemukiman, Warga Tuding Akibat Pembangunan Perumahan Manaran Residence

    Redaksi
    Minggu, 17 Juli 2022, 12:17 PM WIB Last Updated 2022-07-17T05:17:23Z

    BERITABARU.ID | BREBES — Banjir yang melanda pemukiman di lingkungan RT. 02 /RW. 01 memicu tudingan akibat pembangunan perumahan Residence.

    Tudingan tersebut dilontarkan salah seorang warga setempat yang mengaku rumahnya mengalami kebanjiran hingga setinggi 10 sampai 15 centi meter.

    Wawan, yang kebetulan rumahnya berada bersebelahan dengan area perumahan tersebut mengatakan, pemukimanya tidak pernah mengalami kebanjiran, bahkan sejak ia lahir.

    “Sejak lahir dan besar di sini, saya baru mengalami banjir menggenangi lingkungan kami, bahkan banjir menggenangi rumah kami hingga setinggi 10 sampai 15 cm, dan ini baru saya alami sejak persawahan sebelah yang dijadikan perumahan Manaran Residence oleh pengembang,” Ujar Wawan.


    Lebih lanjut Wawan menyebut, saluran air yang seharusnya vital di perhatikan justru lantaran akses muat material urugan membuat kerusakan pada saluran air yang banyak tertimbun material dan menyempit, dampaknya ketika hujan air dari pemukiman tersendat dan mengakibatkan banjir.

    Wawan juga menyebut mewakili lingkungan mendesak pengembang untuk mengatasi hal tersebut, “Saya atas nama warga lingkungan RT. 02/RW.01 Desa Jatibarang Lor akan menuntut pihak pengembang Manaran Residence agar secepatnya mengatasi permasalahan ini, karena sudah jelas banjir ini akibat dari pembangunan perumahan tersebut yang tidak mengindahkan dampak lingkungan," Tegasnya.

    Banjir tidak menggenangi rumah Wawan saja, beberapa rumah di lingkungan wilayah dekat dengan pembangunan perumahan tersebut juga turut tergenang.

    Salah satunya Seperti yang di sampaikan H.Arifin, yang merupakan tokoh setempat, “ Rumah kami juga mengalami kebanjiran, bahkan banjir masuk hingga ke kamar kamar yang mengakibatkan kerusakan beberapa alat kebutuhan rumah tangga,” Ujarnya.

    Lebih lanjut Arifin Menyebutkan, Saluran air mengalami kerusakan akibat tanah amblas lantaran menahan beban berat dilewati truk truk pengangkut urugan, akibatnya dengan intensitas hujan saat ini, air tidak mengalir lancar dan mengakibatkan banjir di lingkungan kami.


    "Drainase yang merupakan saluran pembuangan air di biarkan rusak, pada saat hujan deras menyebabkan banjir," imbuhnya. 

    Menurutnya, banjir yang menggenangi sulit surut lantaran drainase rusak dan pemadatan kawasan perumahan Manaran Residence.

    "Dengan terjadinya hal tersebut di atas, kami sunguh merasa was-was dan tidak nyaman atas potensi banjir yang lebih besar lagi dikemudian hari," beber H. Arifin.

    Ditempat terpisah pengembang perumahan Manaran Residence, Nurudin menyebut pihaknya akan memerintahkan seseorang untuk segera mengecek kondisi di lokasi. 

    “ Kami akan mengecek lokasi, jika hal itu murni akibat kesalahan pihak kami, kami akan mengupayakan perbaikan,” ujarnya, saat dikonfirmasi lewat telepon. (Rn)

     
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru