-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITABARU.ID | KABAR TERKINI NUSANTARA
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Menu Bawah

    Jelang Aksi Bersih Pantai, Sejumlah Organisasi Kepemudaan di Pulau Jampea Gelar Rapat Koordinasi

    Redaksi
    Jumat, 09 September 2022, 3:33 AM WIB Last Updated 2022-09-08T20:33:12Z

    BERITABARU.ID | Selayar - Guna menjaga kebersihan dan ekosistem tetap terjaga di pulau Jampea, tepatnya diwilayah kecamatan Pasimasunggu Timur, sejumlah organisasi kepemudaan dan pemerhati lingkungan serta pelajar akan menggelar kegiatan aksi bersih-bersih pantai dibeberapa titik didua desa yang ada di kecamatan Pasimasunggu Timur.

    Guna melakukan pengecekan dan persiapan panitia pelaksana bersih-bersih pantai kecamatan Pasimasunggu Timur mengadakan rapat technical meeting, Kamis, (8/9/2022) yang bertempat di Aula kantor Camat Pasimasunggu Timur. 

    Hadir dalam rapat tersebut perwakilan Pemerintah Kecamatan, perwakilan desa Bontobulaeng, perwakilan desa Bontojati, tokoh pemuda dan para panitia pelaksana serta perwakilan dari beberapa guru SD, SMP, SMA dan pesantren yang ada di kecamatan Pasimasunggu Timur.

    Koordinator panitia pelaksana, Rahmat Gazali mengatakan bahwa kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 September 2022, dengan melibatkan sekitar kurang lebih 300 orang peserta dalam pelaksanaan kegiatan aksi bersih-bersih di desa Bontobulaeng dan desa Bontojati, kecamatan Pasimasunggu Timur.

    "Alhamdulillah, untuk persiapan malam ini telah kita rampungkan, mulai dari lokasi titik kegiatan, tempat kumpul peserta aksi, perlengkapan peralatan peserta, jumlah peserta dan konsumsi para peserta yang terlibat. Adapun jumlah peserta untuk saat ini yang sudah dikonfirmasi kehadirannya sekitar 270 orang peserta dan untuk lokasinya sendiri ada 2 titik yaitu, pantai desa Bontobulaeng yang ada di pasar lama dan pantai desa Bontojati," ujar Rahmat Gazali.

    Lanjut Rahmat, rencananya saat hari H pelaksanaan aksi bersih-bersih pantai tersebut masih ada waktu akan dilaksanakan juga pembersihan dialiran sungai perbatasan antar desa Bontobulaeng dan Bontojati yang kemarin sempat meluap akibat banjir bandang. Bersar harapan kami kegiatan ini bisa menjadi awal gerakan perubahan dalam menata lingkungan sekitar kita agar tetap bersih dari sampah.

    Sedangkan perwakilan dari pemerintah desa Bontobulaeng Muh. Rahmat selaku Sekretaris Desa menyampaikan bahwa pihaknya dari pemerintah desa Bontobulaeng sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan dari para pemuda untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai tersebut.

    "Kami sudah menyampaikan kepada para kepala dusun untuk terlibat dan melakukan aksi bersih-bersih di masing-masing dusun, kita berharap dengan adanya gerakan aksi dari adik-adik sekalian semua masyarakat bisa tergerak," ucap Muh. Rahmat.

    Riswan Dani Putra seorang aktivis lingkungan hidup dan tokoh pemuda di Pasimasunggu Timur mengatakan kegiatan aksi bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu kegiatan aksi pemuda yang paling nyata manfaat untuk kehidupan dan keberlanjutan lingkungan hidup disekitar kita.

    "Semoga aksi bersih-bersih pantai adik-adik ini adalah langkah awal kita dalam melakukan aksi untuk menyelamatkan dan melestarikan alam," kata Riswan.

    Sementara itu, Syafruddin salah seorang staf kecamatan yang mewakili pemerintah kecamatan Pasimasunggu Timur menuturkan bahwa pemerintah kecamatan sangat merespon positif kegiatan adik-adik kita, pemuda Pasimasunggu Timur untuk melaksanakan aksi bersih-bersih pantai di dua desa yang ada di kecamatan Pasimasunggu Timur ini.

    "Pemerintah kecamatan melalui bapak Camat sangat mendukung secara positif kegiatan yang akan dilaksanakan oleh adik-adik sekalian dalam melakukan aksi bersih-bersih ini, Mungkin sesuatu yang pertama kali yang perna dilakukan dengan cara kolaborasi bersama pemuda dalam melaksanakan bersih-bersih lingkungan. Pak Camat juga sudah bersedia menyiapkan perlengkapan berupa spanduk kegiatan, kantong plastik untuk sampah dan mungkin akan ada bantuan  perlengkapan-perlengkapan lainnya," ujar Syafruddin.

    Syafruddin menambahkan bahwa pihak pemerintah kecamatan sudah menginstruksikan kepada pemerintah desa setempat menjadi lokasi aksi bersih-bersih pantai ini dilaksanakan untuk membantu dan menyiapkan bantuan perlengkapan seperti tempat sampah atau kaisar sampah untuk mengangkut sampah yang dikumpulkan nanti untuk dibuang di lokasi yang sudah ditentukan oleh panitia pelaksana.

    "Harapan kita tentunya kegiatan ini bisa terus berlanjut dan kita pasti akan selalu memberikan dorongan untuk itu. Tentu pemerintah kecamatan akan selalu mendukung kegiatan aksi seperti ini dan akan memberikan sumbangsih apa yang dibutuhkan. Utamanya dalam hal memberikan penyadaran kepada masyarakat, terkait penting menjaga lingkungan kita agar tetap bersih," tutup Syafruddin. (Tim).  
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru