Breaking News

Peringati Hari Raya Idhul Adha, Komunitas Ndasmumet Brebes Turut Berkurban


BERITA BARU | BREBES — Idul adha adalah hari raya agama Islam, dimana umat islam seluruh dunia bagi yang mampu diwajibkan melaksanakan ibadah haji ketanah suci, selain itu umat Islam juga diwajibkan berkurban dengan pemotongan hewan kurban seperti sapi, kambing, domba atau unta bagi yang mampu.

Tertulis dalam sejarah, seremonial memperingati peristiwa kurban yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma'il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT. 

Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba.  Untuk memperingati kejadian tersebut, akhirnya menjadi hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahunnya bagi mereka yang mampu secara ekonomi.

Hari raya kurban juga memiliki makna yang sangat dalam yaitu memperingati kepatuhan Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail, pertanda puncaknya rangkaian ritual ibadah haji Perayaan Salat Id menghadap kiblat di kota mekkah almukaromah, Lalu menyembelih hewan kurban dan memberikan sebagian dagingnya kepada orang yang membutuhkan dilingkungan sekitar terutama kaum dhuafa dan fakir miskin.

Hari raya Idul Adha tahun ini yang jatuh pada hari kamis, 29 juni 2023 M / 1444 H, Komunitas NDASMUMET Brebes turut berpartisipasi  memotong 1 ekor kambing pemberian Pemda Brebes bidang Kesra untuk dibagikan kepada warga sekitar di Pesanggrahan Kelurahan Brebes.

"Walaupun hanya satu ekor insya allah ikhlas, dan siap diberikan kepada warga sekitar lingkungan yang terbatas. Wujud rasa syukur atas rejeki yang diberikan, semoga menjadi ladang amal keikhlasan kami komunitas NDASMUMET Brebes," Ujar Gus Bill Menuturkan.

Dilain tempat saat pembagian dipendopo bupati brebes Plt kepala bidang kesra Heribowo selaku pejabat pengganti, menyampaikan bahwa seluruh hewan kurban sudah didistribusikan kepada masyarakat melalui kelompok masyarakat yang sudah terdaftar.

Ia berharap ditahun depan bisa mencapai seluruh lapisan masyarakat dikabupaten Brebes. (RN)

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI