Breaking News

Babinsa Dampingi Bulan Imunisasi Anak Sekolah di SDN 01-02 Klegen Comal Pemalang


BERITABARU.ID | PEMALANG — Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) ialah bulan dimana seluruh kegiatan imunisasi dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dalam Negeri, Agama dan Kementerian Kesehatan RI.

Babinsa Klegen Koramil 04/Comal Kodim 0711/Pemalang Serka Tri Hartadiono melaksanakan pendampingan dan monitoring kegiatan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias) Campak dan Human Papilloma Virus (HPV), bertempat di SDN 01 dan 02 Klegen kecamatan Comal kabupaten  Pemalang, Jumat (8/9/2023).
 
Kegiatan tersebut juga dihadiri Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Sarwodadi Uswatun A.  Md. Keb, Nidha A. Md. Keb, Nurul A. Md. Keb dan Aris A. Md. Kep,  Kepala Sekolah  SDN 1 dan 02 Klegen serta  para guru SDN 01 dan 02 Klegen.

Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Sarwodadi Uswatun A.  Md. Keb, dalam keterangannya menjelaskan Imunisasi adalah pemberian vaksin dengan tujuan agar mendapatkan perlindungan (Kekebalan) dari penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit seperti campak, rubella, difteri, dan tetanus.

Lebih lanjut, sedangkan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) adalah jenis vaksin yang dapat membantu melindungi individu dari infeksi HPV yang merupakan penyebab utama kanker serviks pada wanita. Idealnya, imunisasi HPV harus diberikan sebelum seseorang mulai aktif secara seksual, karena vaksin ini lebih efektif dalam mencegah infeksi HPV pada individu yang belum terinfeksi," katanya.

Pada kesempatan yang sama Babinsa Klegen Serka Tri Hartadiono menyampaikan, pada hari ini BIAS Campak dan HPV dilaksanakan di SDN 01 dan 02 Klegen kecamatan Comal kabupaten Pemalang.

“Pemberian imunisasi Campak di SD Negeri 01 Klegen  sebanyak 15 siswa dan untuk HPV sebanyak 23 siswa, sedangkan di SDN 02 Klegen untuk Campak sebanyak 31 siswa dan HPV sebanyak 22 siswa," pungkas Babinsa. (rl/Himawan)
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI