Breaking News

Telan Anggaran Rp. 2,1 Miliar, TPI Perairan Darat Mojo Bisa Jadi Destinasi Wisata


BERITABARU.ID | PEMALANG — Proyek Pembangunan TPI dari anggaran Dana Alokasi Khusu (DAK) 2023 senilai 2,1 miliar telah diresmikan langsung Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat. TPI ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan disektor perikanan.

Peresmian juga dirangkaikan penyerahan bantuan sarana dan prasarana kepada perwakilan kelompok usaha bersama (KUB) berupa 2 unit kapal penangkapan ikan.

Selain itu, juga diberikan bantuan kepada 18 Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) berupa sarana dan prasarana budidaya ikan tawar dan payau untuk kecamatan Ulujami sebanyak 16 paket, kecamatan Taman 1 paket dan kecamatan Moga sebanyak 1 paket.


Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perikanan Pemalang, Wahadi dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian bagi nelayan, pembudidaya, dan pengolahan hasil perikanan di Kabupaten Pemalang.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, proyek pembangunan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) perairan darat Mojo diselesaikan paling tercepat diantara 1.200 TPI di seluruh wilayah Indonesia.

"Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih serta penghargaan tinggi kepada Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, kontraktor, dan pihaknya telah bekerja keras dalam menyelesaikan pembangunan TPI di Perairan Darat Mojo, sehingga pada hari ini kita bersama resmikan penggunaannya sebagai sarana prasarana para nelayan di Desa Mojo dan sekitarnya," kata Mansur pada Selasa 26 September 2023.

Mudah-mudahan, lanjut Mansur, dengan adanya TPI ini, kedepannya hasil ikan semakin banyak, dan kemakmuran warga Desa Mojo meningkat.

Menurut Mansur Hidayat, TPI ini kedepannya bisa dipergunakan untuk pariwisata,  juga TPI ini bisa dijadikan salah satu icon Ikan laut  di Kabupaten Pemalang.

Sementara itu, Plt Dinas Perikanan Wahadi menyebutkan, pembangunan TPI Desa Mojo diselesaikan selama 30 hari dengan anggaran  2,1 Miliar.

"Saya juga setuju disampaikan Plt Bupati Pemalang kedepannya tempat TPI ini dijadikan tempat wisata desa, karena tempat itu  bisa buat beristirahat kalau malam, Mancing bagi warga sekitar," ujarnya. (Rudiono/Edy).
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI