Breaking News

Atasi Sampah, Brebes Bangun Tempat Pengolahan Sampah TPS 3R

 

BERITA BARU | BREBES — Berdasarkan Permen PU No. 3 Tahun 2013 tentang penyelenggaraan prasarana dan sarana persampahan dalam penanganan sampah rumah tangga, menekankan pengurangan sampah mulai dari hulu hingga hilir merupakan tanggung jawab dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

Kenyataan kondisi saat ini, masyarakat sebagai sumber limbah rumah tangga masih belum memiliki kesadaran dan tanggung jawab penuh,  pemilahan dan pengurangan sampah dari sumbernya (rumah tangga) masih kurang memadai.

Salah satu untuk mengatasi persoalan itu, Kabupaten Brebes tahun ini dalam proses pembangunan sarana teknologi Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R).

"ada 11 titik di Brebes tahun ini membangun TPS 3R, Sepuluh  bantuan dari kementrian PU PR dengan nilai Rp 500 juta per titik. Dan  satu dari dana DAK dari Dirjen sanitasi kemen PU PR dengan nilai Rp 485,'' terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengolahan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, Aris Laode  Vindar Aris Nugroho melalui Kabid Pengolahan Sampah, Andriyani kepada beritabaru.id,  Kamis (26/10).

"Dengan pengelolaan sistem swakelola, dimana nantinya anggaran tersebut untuk kebutuhan fisik bangunan seluas 200 meter , dan sisanya untuk pengadaan alat seperti mesin pencacah, alat angkut atau sesuai dengan kebutuhan tempat masing masing," lanjut Andriyani.

Masih di paparkan Andriyani, konsep utama pengolahan sampah pada TPS 3R adalah untuk mengurangi kuantitas dan memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Selain itu hasil dari pilah sampah organik dan non organik bisa juga diolah menjadi bahan produktif seperti kompos atau makanan magot.

Menurutnya, kegiatan ini dengan pola menekankan pelibatan masyarakat dan pemerintah dengan skala komunal atau kawasan.

"Keterlibatan  dan peran serta masyarakat di kawasan itu diperlukan agar program itu bisa terus berjalan dan berkelanjutan," tandas Andriyani.

Dijelaskan Andriyani, program itu sebenarnya sebelumnya telah ada satu tempat di Brebes, di Desa Banjarharjo sebagai percontohan, 

"Nanti pengelola dari Banjarharjo diminta untuk pendampingan dalam operasional TPS 3R di Brebes, dan semoga pembangunan TPS 3R ini dapat berjalan dengan lancar, sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan nantinya dapat berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat," tutup Andri.(ron)

© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI