Breaking News

Pengelolaan Sampah Desa Widodaren Sudah Mendekati Sempurna


BERITA BARU | Pemalang — Kepala Desa Widodaren Nasikin, SPd, MPd mengatakan suatu kehormatan atas kedatangan Bu Santi  di Desa Widodaren. Kedatangan beliau sebagai motivasi terkait kegiatan PKK untuk mengatasi pengelolaan Sampah yang ada di Desa Widodaren.  

"Perlu saya laporkan bahwa pontensi di Desa Widodaren perihal pengelolaan Sampah sangat besar, sebab di Desa Widodaren memiliki TPS 3 R," kata di Pendopo Balai Desa Widodaren, Senin 20 November 2023.


Di TPS 3 R dibangun pada 2017  tetapi selama 1 tahun mangkrak,  sekarang dari dua bulan ini sudah diaktifkan dan sudah bisa membuat  pupuk cair serta pupuk padat, kalau  pupuk cair ada 2  berasal dari daun dan buah.

"Sebenarnya pengelolaan Sampah bisa berhasil kalau jujur saja, jangan terlalu berangan -angan, juga jangan berharap mendapatkan uang banyak dulu,  yang penting bagi  ibu-ibu tugasnya mudah hanya milah -milah mana Sampah Organik, mana Sampah non organik itu saja sudah salah satu  membantu kami untuk mengatasi Sampah  di Desa Widodaren,: ujar Nasikin.

Dalam paparannya, Nasikin menyebut kegiatan ini dapat memberi edukasi terkait pengelolaan Sampah bagi TP PKK  Desa. 

Ia menambahkan, tentang Bumdes di desa kami sudah bisa melayani infrastruktur seperti pembelian Semen dan lainnya, juga pembayaran pajak dari masyarakat sudah masuk aplikasi semenjak saya jadi kepala desa, Bumdes melayani pajak dari masyarakat melalui aplikasi itu pertama kali di Kecamatan Petarukan.

"Desa kami mempunyai 34 Hektar Sawah,  7 Hektar Sawah milik Bendo Desa,  7 Hektar Sawah itu kami serahkan ke petani  yang tidak mempunyai sawah untuk menggarap Sawah tersebut sehingga petani yang punya sawah bisa merasakan hasil panen tidak hanya orang kaya saja, orang yang tidak mampu juga merasakan," imbuhnya.

"Semua itu visi dan misi saya saat awal menjadi kepala desa," pungkas Nasikin.

Dalam kegiatan itu dihadiri, Ketua PkK Kabupaten Pemalang, Dinas lingkungan hidup, dan Dispermades. (Rudi).
© Copyright 2022 - BERITABARU.ID | BERITA BARU TERKINI HARI INI